Sukses

Robot Bakal Gantikan Pekerjaan Manusia di Masa Depan?

Lilik Suharmawan, Local Unit Business Manager ABB Indonesia, mengungkap lebih detail seperti apa Robot YuMi itu.

Liputan6.com, Jakarta - Hadirnya robot industri pertama yang bisa berkolaborasi dengan manusia, YuMi, merupakan sebuah gebrakan terbaru di industri robotik dunia. Pasalnya robot ini dirancang khusus untuk membantu proses pengerjaan manufaktur industri yang lebih baik.

Bertempat di pameran Electric, Power and Renewable Energy Indonesia 2015 pada 16–19 September 2015, di JIEXpo Kemayoran, Jakarta, robot YuMi secara langsung memperlihatkan kebolehannya sebagai robot industri pertama di dunia yang mampu bekerja sama dengan manusia.

YuMi diyakini akan mengubah cara berpikir manusia terhadap otomatisasi perakitan dan akan memberikan sudut pandang baru terhadap masyarakat modern, di mana manusia dan robot dapat bekerja berdampingan.

Jika memang sekarang YuMi terbukti bisa melakukan hal tersebut, apakah ini berarti nantinya robot akan menggantikan posisi manusia untuk bekerja?

Berikut kami sajikan wawancara eksklusif tim Tekno Liputan6.com bersama Lilik Suharmawan, Local Unit Business Manager ABB Indonesia, terkait seperti apa "isi" dari robot YuMi, dan apakah nantinya robot bisa mengambil alih posisi pekerjaan manusia di masa mendatang.

Video-video lainnya dari kanal Tekno Liputan6.com bisa dilihat di sini.

(Jek/Dew/Sar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.