Sukses

Gadgetpedia: Sony Xperia M4 Aqua, Ponsel Elegan yang Tahan Air

Untuk menghilangkan dahaga kelas menengah yang haus akan ponsel berkualitas ‘wah’, Sony menghadirkan Xperia M4 Aqua.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone tahan air dan debu tak harus mahal. Untuk menghilangkan dahaga kelas menengah yang haus akan ponsel berkualitas ‘wah’, Sony mengakomodasikannya dengan menghadirkan Xperia M4 Aqua.

Datang dengan dukungan sertifikasi IP68 yang membuatnya mampu diajak berenang di kedalaman 1,5 meter selama 30 menit, mampukah Sony memenuhi semua yang diharapkan pasar kelas menengah – mengingat pada umumnya mereka mengharapkan banyak hal dengan dana terbatas?

Desain

Dari segi tampilan, Xperia M4 Aqua terlihat elegan, yang mana dibangun dengan paduan material logam dan plastik. Seluruh bodinya terlihat transparan, kokoh dengan sudut-sudut yang tegas.

Panel Belakang Bodi Sony Xperia M4 Aqua (Liputan6.com/Iskandar)

Pun demikian, form factor smartphone yang dibanderol Rp 3.999.000 ini tidak terlihat kaku karena ditopang bingkai yang membulat di setiap sisinya. Akan tetapi, dukungan material kaca yang terkesan lebih mewah, malah membuatnya terasa licin dan mudah slip.

Bagian Kanan Bodi Sony Xperia M4 Aqua (Liputan6.com/Iskandar)

Seluruh tombol diletakkan di sebelah kanan bodi, seperti tombol volume, power/standby, dan tombol shutter yang berdampingan dengan slot micro SIM card. Di sebelah kiri bodi tertanam slot kartu micro SD dan port charger.

Bagian Kiri Bodi Sony Xperia M4 Aqua (Liputan6.com/Iskandar)

Bagian Bawah Bodi Sony Xperia M4 Aqua (Liputan6.com/Iskandar)

Bagian Atas Bodi Sony Xperia M4 Aqua (Liputan6.com/Iskandar)

Sedangkan di bagian atas dan bawah bodi, masing-masing tersemat port audio serta speaker dan microphone. Meskipun port charger dan audio tidak di-cover pelindung karet, Xperia M4 Aqua diklaim dapat tetap menyala di dalam air.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Layar dan Interface

Layar dan Interface

Di bagian muka didominasi dengan layar IPS seluas 5 inci. Ukuran ini bisa dibilang pas dalam genggaman tangan, tidak terlalu besar dan juga tidak kecil. Layar yang disematkan mempu menampilkan gambar yang jernih dan detil dengan resolusi HD 720 x 1280 pixel serta kedalaman 294 piksel per inci (ppi).

Pada bagian atas layar bertengger sensor, ear piece, dan kamera depan. Sementara di bagian bawah terlihat bersih, dimana tidak ada tombol haptic maupun tombol fisik.

User Interface Sony Xperia M4 Aqua

Sony Xperia M4 Aqua berjalan di atas sistem operasi Android 5.0 Lollipop dengan user interface yang sedikit dimodifikasi. Tampilannya jauh lebih fresh jika dibandingkan dengan launcher lama saat masih menggunakan Android KitKat.

Pada tampilan Home, terdiri dari beberapa halaman yang bisa diihiasi dengan widget. Dengan resolusi layar HD yang diusungnya, setiap ikon dan teks dapat ditampilkan dengan jelas.

3 dari 6 halaman

Kamera

Kamera

Pada sektor fotografi, Sony Xperia M4 Aqua mencangkokkan kamera utama 13 megapiksel (MP) dengan sensor Exmor RS for Mobile dan kamera sekunder 5MP yang bisa diandalkan untuk ber-selfie ria.

Kamera utama memiliki resolusi hingga 4128 x 3096 piksel, dilengkapi autofocus, LED flash, Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, panorama, dan video 1080p @30fps. Sedangkan kamera sekunder juga dilengkapi sensor Exmor RS, namun bedanya hanya mampu merekam video 720p.  

fit

Saat kami mencoba untuk mengambil foto dan video, kamera yang ada mampu menantang sinar matahari sehingga hasil foto dan video tidak backlight atau terlalu terang saat di bawah sinar matahari langsung.

Hasil jepretan kamera di luar ruangan (Liputan6.com/Iskandar)

Fitur HDR ini terjadi secara otomatis jika Anda memilih modus Superior Auto. Hasil jepretan di luar ruangan terlihat tajam dan sesuai dengan warna asli objek yang difoto, namun saat di dalam ruangan dengan kondisi minim cahaya, hasil foto kurang memuaskan dan sedikit noise.

Hasil jepretan kamera di dalam ruangan dengan kondisi cahaya yang cukup (Liputan6.com/Iskandar)

Hasil jepretan kamera di dalam ruangan dengan kondisi cahaya yang minim (Liputan6.com/Iskandar)

Modus lainnya terdapat pilihan Manual, Sound Photo untuk menghasilkan foto dengan background audio, AR Fun untuk menampilkan foto dengan latar belakang objek virtual, Multi Camera untuk mengambil foto dengan satu scene dari beberapa angle, Sweep Panorama untuk memperoleh foto panoramik, dan lain sebagainya.

Fitur-fitur Kamera Sony Xperia M4 Aqua (Liputan6.com/Iskandar) 

4 dari 6 halaman

Performa

Performa

Di atas kertas, Sony Xperia M4 Aqua ditopang dengan spesifikasi terkini, yang mana diperkuat dengan chipset octa-core Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 dengan dua set chipset quad core prosesor terpisah: quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 dan quad-core 1.0 GHz Cortex-A53.

Didukung pula dengan RAM 2GB, GPU Adreno 405, dan memori internal 8GB. Spesifikasi yang diboyong smartphone ini terbilang mumpuni, dimana mampu melakukan berbagai tugas secara bersamaan alias multitasking dengan cepat.

Hasil benchmark Sony Xperia M4 Aqua dengan menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark

Saat kami geber dengan game berat, seperti Clash of Clans, permainan terasa mulus tanpa lag sama sekali. Kami pun bisa bebas berekspresi sambil membuka sejumlah aplikasi chatting, seperti BBM, Line, dan WhatsApp secara bersamaan.  

Ketika diuji menggunakan aplikasi AnTuTu Benchmark, Xperia M4 Aqua mendapatkan skor 33411, membawahi HTC One, Xiaomi Mi 2, dan Xiaomi Redmi Note serta satu tingkat di bawah LG G3.

Tapi sayangnya, smartphone yang kami uji ini hanya menawarkan memori internal 8GB sehingga diwajibkan untuk menambahkan kartu memori eksternal untuk mendongkrak kinerja.

5 dari 6 halaman

Konektivitas

Konektivitas

Beralih ke sektor konektivitas, smartphone ini membawa fitur koneksi yang cukup komplit. Dari sisi koneksi seluler, Xperia M4 Aqua sudah mendukung jaringan 4G LTE, ditambah GSM dan HSDPA.

Bukan itu saja, handset dengan kapasitas baterai Li-Ion 2400mAh ini juga dilengkapi koneksi Bluetooth dan micro USB yang dapat diandalkan untuk berkirim data, termasuk kemampuan A2DP (Advanced Audio Distribution Profile) yang memungkinkan penyaluran data audio high quality (stereo atau mono) melalui koneksi Bluetooth.

Port micro SIM Card Sony Xperia M4 Aqua (Liputan6.com/Iskandar)

Tak cukup sampai disitu, smartphone ini juga menyediakan jalur koneksi Wi-Fi Direct, DLNA, hotspot, dan NFC.

6 dari 6 halaman

Kesimpulan

Kesimpulan

Handset ini dilengkapi sejumlah hardware yang mumpuni, seperti chipset octa core Qualcomm MSM8939 Snapdragon 615 dan RAM 2GB serta kamera dengan sensor Exmor RS.

Ditambah sertifikasi militer IP68 yang membuatnya tahan air hingga kedalaman 1.5 meter dalam 30 menit dan tahan terhadap debu. Namun sayangnya, Xperia M4 Aqua menawarkan memori internal yang relatif kecil dan hasil jepretan kemera di kondisi cahaya rendah kurang maksimal.

Kekurangan lainnya, saat dipakai di atas normal dengan membuka aplikasi kamera terlalu lama atau bermain game online, bagian belakang bodi ponsel terasa panas.

(isk/dhi)  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini