Sukses

Top 5: Asteroid Besar Dekati Bumi Sita Perhatian

Berikut rangkuman Top 5 berita terpopuler yang paling banyak dibaca di kanal Tekno Liputan6.com kemarin.

Liputan6.com, Jakarta - Berikut rangkuman Top 5 berita terpopuler yang paling banyak dibaca di kanal Tekno Liputan6.com kemarin, Rabu (29/7/2015).

1. Asteroid Berukuran Besar Terbang Dekati Bumi

NASA kembali mengungkap keberadaan benda alami luar angkasa yang berada dalam lintasan terdekat dengan planet Bumi. Lewat sebuah rekaman video, NASA memperlihatkan gerak-gerik asteroid yang diduga memiliki ukuran besar terbang melintasi bumi dengan jarak yang cukup dekat, yakni 1,5 juta mil (sekitar 2,4 juta kilometer).

NASA menjelaskan bahwa asteroid yang bernama `2011 UW-158` tersebut memang tidak akan jatuh ke Bumi. Hanya saja, jarak terbang asteroid tersebut memang sudah begitu dekat. Terkait ukurannya yang memang besar, NASA hanya bisa mengungkap bahwa asteroid tersebut memiliki ukuran sekitar 300 sampai 600 meter.

2. 4 Smartphone Unggulan di Paruh Kedua 2015

Paruh kedua 2015 akan menjadi arena persaingan yang sangat menantang bagi para produsen smartphone. Samsung, Apple, Sony dan Xiaomi diprediksi bakal merilis produk smartphone andalan mereka di Agustus-September 2015 mendatang. Smartphone-smartphone unggulan yang bakal dirilis di pertengahan hingga akhir tahun ini di antaranya Samsung Galaxy Note 5, iPhone 6S, Xiaomi Mi 5 dan Sony Xperia Z5.

3. Apa Jadinya Jika Komet Menabrak Matahari?

Kita tidak bisa mengira apa jadinya jika benda alami luar angkasa seperti komet bertabrakan dengan objek seperti matahari. Selama ini, hal itu memang terpentok di dalam imajinasi manusia, atau hanya muncul di dalam film science fiction. Namun, fenomena ini sedang dipelajari oleh sekelompok astronom yang sedang membuat teori `pertemuan` komet dengan matahari.

Dijelaskan, jika sebuah komet berukuran kecil `dilempar` ke matahari, maka yang terjadi ibarat bola salju yang dilemparkan ke sebuah tempat yang sangat panas. Komet itu akan mengalami proses sublimasi, dimana berubah menjadi benda gas tanpa mencair sama sekali.

4. Aturan Diterbitkan, Pakai Drone Tak Bisa Lagi Seenaknya

Menerbangkan pesawat tanpa awak (drone) kini tidak bisa lagi seenaknya. Pasalnya Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan sudah mengeluarkan peraturan tentang penggunaan drone di Indonesia. Peraturan tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri (PM) Perhubungan Republik Indonesia Nomor 90 Tahun 2015 Tentang Pengendalian Pengoperasian Pesawat Udara Tanpa Awak, yang disahkan pada 12 Mei 2015 lalu.

Dalam salinan peraturan menteri yang kami terima disebutkan bahwa drone tidak boleh dioperasikan pada kawasan udara terlarang (prohibited area), kawasan udara terbatas (restricted area) dan di kawasan keselamatan operasi penerbangan suatu bandar udara.

5. Layanan 4G LTE Komersial Digelar, Internet Cepat Buat Apa?

Operator telekomunikasi di Indonesia hingga saat ini berlomba-lomba untuk menyiapkan layanan 4G LTE terbaik mereka. Tak mau ketingggalan, operator yang dikenal dengan layanan CDMA, Smartfren, juga ikut meramaikan industri ini. Rencananya, Smartfren akan meluncurkan layanan 4G LTE miliknya secara komersial pada semester kedua tahun ini. Jika sudah dikomersialisasikan secara merata di Tanah Air, lalu untuk apa 4G LTE digunakan?

Munir Syahda Prabowo, Head of Network Special Project Smartfren, memperkirakan layanan internet super cepat ini akan digunakan para pengguna internet di Indonesia untuk menonton video streaming, melakukan video calling, bermain game online, dan melakukan atau menerima telepon menggunakan data 4G LTE (voLTE).

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini