Sukses

Jelang Lebaran, Trafik Data Telkomsel di Jateng-DIY Naik 52,63%

Selama arus mudik dan Lebaran nanti, lonjakan trafik layanan data diperkirakan akan mengalami kenaikan hingga 52,63 persen.

Liputan6.com, Solo - Telkomsel siap memanjakan para pemudik yang akan bepergian ke sejumlah daerah di Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).

Selama arus mudik dan Lebaran nanti, lonjakan trafik layanan data diperkirakan akan mengalami kenaikan hingga 52,63 persen dibandingka pada hari biasa.

GM ICT Network Operation Telkomsel Region Jateng dan DIY Iswandi mengatakan, untuk menghadapi kenaikan trafik selama arus mudik hingga Lebaran, pihak Telkomsel telah melakukan uji coba jaringan di sepanjang jalur mudik hingga di sejumlah daerah tujuan wisata di wilayah Jateng dan DIY.

"Dari hasil uji coba, kami siap melayani pelanggan selama arus mudik dan Lebaran. Puncak trafik akan mulai terlihat saat dua momen tersebut. Bahkan, untuk layanan data dipastikan akan mengalami lonjakan paling tinggi," ujarnya di Solo, Selasa malam (7/7/2015‎).

Lebih lanjut, Iswandi menyebutkan lonjakan trafik akan terjadi terutama pada layanan SMS yang mencapai 49,43 persen atau mencapai 80 juta SMS dibandingkan hari biasa. Sedangkan untuk layanan data akan mengalami lonjakan hingga 52,63 persen atau sekitar 164,56 Tera Byte.

"Lonjakan cukup besar di wilayah Jateng dan DIY, mengingat wilayah tersebut merupakan primadona tujuan para pemudik. Dibandingkan Lebaran tahun lalu, jumlah kenaikan layanan data saat itu mencapai 60 Tera Byte, tetapi pada Lebaran tahun ini diprediksi naik hingga 164,56 Tera Byte," sebutnya.

Sedangkan mengenai jumlah pelanggan Telkomsel di wilayah Jateng dan DIY mencapai 13 juta pelanggan. Namun, menurut Iswandi pada saat arus mudik dan Lebaran nanti akan ada sekitar 3 juta pelanggan Telkomsel yang masuk ke wilayah Jateng dan DIY. Untuk itu Telkomsel telah mengantisipasinya dengan menambah kapasitas layanan.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk arus mudik dan Lebaran tahu ini lonjakan trafik akan diantisipasi dengan ketersediaan VLR (Visitor Location Register) atau kecukupan kapasitas daya tampung pelanggan. Di sepanjang jalur utama mudik Jateng dan DIY telah disediakan kelonggaran sebesar 40 persen hingga 60 persen," ucapnya.

Selain itu, sambung Iswandi, di lokasi-lokssi yang mengalami lonjakan komunikasi cukup tinggi, Telkomsel akan memaksimalkan kapasitas serta menyiagakan sebanyak 9 unit compact mobile base station.

"Fasilitas tersebut untuk meningkatkan kenyamanan pelanggan dalam berkomunikasi dan mengakses data di lokasi yang padat pengunj‎ung," pungkasnya.

(rez/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini