Sukses

Indosat Anggarkan Rp 7,5 Triliun Untuk Modernisasi Tahun Ini

Program modernisasi jaringan Indosat mengimplementasikan teknologi U900 dan DC-HSPA+ yang menghasilkan kecepatan akses data hingga 42 Mbps.

Liputan6.com, Lombok - Indosat terus menggenjot kegiatan modernisasi jaringan miliknya guna memberikan akses internet cepat dan stabil kepada pelanggan, termasuk di Mataram, Lombok. Modernisasi ini diakui tidak sia-sia.

Wasis Sulaiman, Head of Region East Java & Bali Nusa Tenggara mengatakan, layanan data Indosat di Lombok mengalami pertumbuhan yang signifikan pasca modernisasi jaringan dilakukan.

"Trafik data di Lombok tumbuh sekitar 158% setelah modernisasi," kata Wasis yang ditemui tim Tekno Liputan6.com di sela-sela acara Drive Test sekaligus Media Gathering Indosat di Lombok.

Jumlah pengguna aktif Indosat di Mataram juga mengalami kenaikan dari 20 ribu menjadi 41 ribu, terhitung sejak modernisasi dilakukan pada September 2014.

Andromeda Tristanto, Division Head Investor Communications, mengatakan Indosat menghabiskan biaya triliunan rupiah untuk modernisasi. Sepanjang 2013-2014 lalu Indosat telah menghabiskan belanja modal (capex) sekitar Rp 15 triliun untuk modernisasi jaringan.

Untuk tahun ini, Andromeda mengungkapkan, Indosat mengganggarkan belanja modal Rp 6,5-7,5 triliun, 80 persennya akan dialokasikan untuk support bisnis, bukan hanya untuk modernisasi tapi juga sistem, data warehouse hingga personel.

Program modernisasi jaringan Indosat mengimplementasikan teknologi U900 dan DC-HSPA+ yang menghasilkan kecepatan akses data hingga 42 Mbps, khususnya untuk layanan data dengan kualitas sinyal yang lebih baik.

Pada jaringan baru ini, Indosat juga sudah mengaplikasikan fitur HD Voice yang memberikan kualitas suara jauh lebih jernih. Fitur ini dapat dinikmati selama pelanggan berkomunikasi di jaringan Indosat dengan catatan handset pembuat panggilan dan penerima panggilan telah mendukung fitur HD Voice.

Dari hasil pengujian jaringan Indosat di Lombok, kecepatan maksimal download yang disediakan mampu mencapai 18,8 Mbps dengan rata-rata 8,3 Mbps. Ujicoba dilakukan dengan menonton video dan live streaming berkualitas high definition (HD) di internet. Video tayang tanpa buffering dengan kualitas tampilan yang baik.

Hingga akhir tahun 2014, jumlah pelanggan Indosat tercatat sudah mencapai 63,2 juta, ini menjadikan Indosat sebagai operator selular berbasis GSM terbesar ketiga di Indonesia.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini