Sukses

39 Tahun Perjalanan Apple

Sepak terjang Apple sebagai salah satu perusahaan sukses di dunia selalu menyedot perhatian, termasuk soal jajaran produk terbarunya.

Liputan6.com, Jakarta Apple adalah salah satu perusahaan yang disegani dan paling berharga di dunia. Sepak terjang perusahaan teknologi asal Paman Sam itu selalu menjadi perhatian, termasuk soal jajaran produk terbarunya mulai dari komputer hingga perangkat mobile seperti iPhone dan iPad.

Apple tepat pada 1 April 2015 memasuki usia 39 tahun. Perusahaan yang didirikan oleh Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ron Wayne ini didirikan pada 1 April 1976.

Dibanding duo Steve, nama Wayne memang tidak sementereng kedua rekannya tersebut. Wayne memutuskan hengkang 11 hari setelah perusahaan itu didirikan.



Kendati hanya sebentar menjadi bagian dari Apple, Wayne memiliki peran bersejarah dalam perusahaan tersebut. Menurut Wozniak, Wayne adalah orang yang menulis seluruh dokumen kemitraan untuk pembentukan Apple Computer Company. Ketiganya menandatangani dokumen tersebut pada 1 April 1976.

Wayne menjual sahamnya di Apple kepada Jobs dan Wozniak senilai US$ 800 pada 12 April tahun yang sama. Ia mendeskripsikan kepergiannya itu sebagai 'keputusan terbaik berdasarkan informasi yang ada saat itu'.

Wayne kini dikenal sebagai desainer logo pertama Apple dan penulis manual komputer Apple I.



Sementara itu, Wozniak sebagai pendiri Apple pernah mempertanyakan keabsahan 1 April sebagai tanggal berdirinya Apple. Menurutnya saat itu, penandatangan dokumen pada 1 April 1976 adalah untuk mewakili kerjasama yang dibentuk untuk memproduksi board PC Apple I, dan bukannya Apple sebagai sebuah perusahaan.

Kendati demikian, 1 April secara umum telah menjadi tanggal istimewa dalam sejarah berdirinya Apple dalam industri teknologi.

Apple menjadi sebuah perusahaan berbadan hukum dengan nama Apple Computer, Inc pada 3 Januari 1977. Kemudian pada Januari 2007, perusahaan mengubah namanya menjadi Apple Inc dan masih tetap bertahan hingga saat ini. Demikian seperti dilansir Telegraph, Kamis (2/4/2015).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini