Sukses

Melihat Kekuatan Bor Terkecil di Dunia

Alat bor ini dirancang oleh pria muda asal New Zealand, Lance Abernethy, dan dibangun menggunakan printer 3D.

Liputan6.com, Jakarta - Jangan meremehkan sesuatu yang kecil. Buktinya bor yang diklaim terkecil di dunia ini dapat melubangi benda yang terbilang cukup keras. Alat bor ini dirancang oleh pria muda asal New Zealand, Lance Abernethy, dan dibangun menggunakan printer 3D.

"Saya selalu menyukai hal-hal kecil dan telah menciptakan benda-benda kecil karena aku masih kecil," katanya kepada 3DPrint.com. Suatu hari, ia memutuskan untuk membuat bor kerja terkecil di dunia dengan menggunakan garis besar bor yang normal sebagai referensi.

Bor ini hanya berukuran 17mm (tinggi), 7,5mm (lebar) dan 13mm (panjang). Lebih besar sedikt dari sebuah peniti berukuran sedang.

Abernethy mulanya mencetak casing plastik dan kemudian meletakkan mata bor ke poros motor. Untuk bisa berputar dengan kencang, bor mungil ini didukung oleh baterai alat bantu dengar, memiliki tombol kecil, dan motor miniatur. Lalu, ia menghubungkan komponen dengan kabel bekas headphone menggunakan alat solder.

"Kabel terus putus ketika saya mencoba untuk menghubungkan mereka dan itu adalah mimpi buruk. Kemudian saya berusaha untuk menahannya agat tidak terlepas," katanya seperti dikutip dari Mirror, Minggu (22/3/2015).

(isk/dhi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini