Sukses

Pengguna Yahoo Tetap Bisa Login Tanpa Password

Pihak Yahoo akan mengirimkan pesan SMS berisi password baru setiap kali pengguna akan membuka email.

Liputan6.com, Jakarta - Password adalah elemen yang sangat penting dan wajib diingat oleh para pemiliknya. Namun hal itu tampaknya tak lagi berlaku bagi para pengguna layanan email Yahoo.

Menurut yang dilansir laman Cnet, Senin (16/3/2015), perusahaan yang dipimpin oleh Marissa Mayer itu kini telah memperkenalkan sebuah layanan baru bernama 'Password On-Demand'. Dengan menggunakan layanan ini, pengguna tak perlu lagi menggunakan dan mengingat password yang mereka gunakan. 

Cara kerja layanan ini cukup simpel dan diklaim sangat aman. Pihak Yahoo akan mengirimkan pesan SMS berisi password baru setiap kali pengguna akan membuka email.

Chief Information Security Officer Yahoo, Alex Stamos, mengatakan bahwa layanan ini rencananya akan mulai bisa digunakan oleh publik pada akhir tahun 2015 ini.

"Ini adalah langkah awal untuk menghilangkan penggunaan password. Di kemudian hari mungkin semua kolom password akan berubah menjadi 'send my password', dan penyedia layanan akan mengirimkan password baru ke ponsel Anda," ujar Vice President Yahoo, Dylan Casey.

Cara mengaktifkan layanan ini cukup mudah. Pertama pengguna harus masuk ke layanan email dengan menggunakan password biasa. Lalu menuju opsi 'Security Setting' dan mengaktifkan fitur 'Password On-Demand'.

Untuk mengaktifkannya, pengguna diharuskan mendaftarkan nomor telepon seluler untuk menerima pesan pendek berisi password baru tiap kali akan mengakses email.

Yahoo mengklaim, sistem akses email baru ini bertujuan untuk meningkatkan keamanan agar terhindar dari ancaman hacker maupun aksi spionase badan intelijen pemerintah.

(dhi/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.