Sukses

Yuk, Jelajahi Hutan Amazon di Google Street View

Anda kini dapat menjelajahi keindahan dan keragaman di hutan Amazon dari depan layar komputer via Google Street View.

Liputan6.com, Jakarta - Hutan Amazon adalah salah satu hutan terluas di dunia. Terletak di benua Amerika, hutan ini dijuluki sebagai Paru-paru Dunia karena memproduksi 30% dari seluruh oksigen di bumi. Jutaan tanaman, hewan dan spesies serangga juga terdapat di sini.

Berkat Google Maps Street View, Anda kini dapat menjelajahi keindahan dan keragaman di hutan Amazon dari depan layar komputer. Google bekerjasama dengan Amazonas Sustainable Foundation (FAS) menghadirkan fitur Street View Hutan Amazon. 

"Projek ini juga menjadi yang pertama bagi Google Maps untuk menggantung Trekker Street View di atas zipline, berjalan menelusuri 20 km tapak hutan, dan mendayung di atas perahu sampai 500 km," kata Karin Tuxen-Bettman, Google Earth Outreach dari Tim Google Maps melalui keterangannya.  

Dari sudut pandang canopy pepohonan, Anda bisa melihat begitu banyak detail seperti tebalnya lumut di batang pohon, ranting-ranting panjang bergantungan, dan beberapa jenis dari tumbuhan dan hewan yang mendiami Hutan Amazon.

Dari sudut pandang tapak jalan tengah hutan, angkat wajah Anda untuk melihat dinamisme dari ketinggian pohon-pohon raksasa di sekitar Anda. Anda akan menyadari, pohon-pohon ini memiliki dedaunan yang begitu lebat, bahkan matahari mengalami kesulitan untuk menembuskan sinarnya.

Lelah berjalan kaki dan ingin bertualang lewat air? Naiklah ke atas sampan, dan arahkan dayung menelusuri sungai Rio Aripuanã atau Rio Mariepauá, menuju Rio Madeira, satu dari sungai terluas di Amazon.

Jangan ragu untuk berjalan lebih dalam dan bertemu dengan salah satu dari 17 komunitas lokal yang tinggal di dalam. Orang-orang ini adalah penjaga setia dari sungai dan hutan Amazon, mendedikasikan hidup mereka untuk melindunginya dari kerusakan, mencegah penebangan pohon dan tanaman, dan kehidupan fauna yang bergantung pada mereka.

Bagi yang ingin menjelajahi Hutan Amazon melalui Google Maps Street View, Anda dapat mengunjungi URL berikut ini: https://www.google.com/maps/views/streetview/amazon

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini