Sukses

Jelang Imlek, Huawei Rilis 5 Modem 4G & 3G Terbaru

Kehadiran 4G LTE di Indonesia harus didukung dengan perangkat yang dapat mengakses teknologi jaringan tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Teknologi komunikasi berbasis 4G LTE (long term evolution) sudah mulai dioptimalkan di Indonesia. Tiga operator seluler terbesar Tanah Air, yakni Telkomsel, Indosat, dan XL bahkan sudah mendapat izin untuk mengkomersialkan layanan tersebut di sejumlah kota besar, yaitu Jakarta, Yogyakarta, dan Bali.

Selain menyempurnakan infrastruktur jaringan, dibutuhkan pula perangkat yang telah mendukung jaringan 4G LTE tersebut. Dan dalam usaha memenuhi kebutuhan pengguna Indonesia, Huawei kini telah merilis lima produk modem terbaru. Di mana dua di antaranya telah mendukung jaringan 4G LTE.

"Kehadiran 4G LTE di Indonesia harus didukung dengan perangkat yang dapat mengakses teknologi jaringan tersebut. Maka dari itu Huawei meluncurkan produk-produk yang relevan dan didedikasikan untuk membawa teknologi terbaru kepada konsumen," ujar Nick Lee, Director of Indonesia Huawei Consumer.

Dijelaskan lebih lanjut, kelima modem anyar Huawei yang pada hari ini, Rabu (18/2/2015), dirilis di Indonesia adalah Huawei E5373 (mobile Wi-Fi) dan Huawei E3372 (dongle Wi-Fi) yang keduanya telah mendukung teknologi 4G LTE. Lalu ada Huawei E35338 (ultra slim mobile Wi-Fi), Huawei E5730 (mobile Wi-Fi), serta Huawei B68L (Wi-Fi router) yang mendukung jaringan 3G.

Dalam memasarkan jajaran produk terbarunya ini di pasar Indonesia, Huawei menggandeng PT Datascrip. Marketing Manager Datascrip Bobby Ivan mengatakan, "Huawei sebelumnya lebih dikenal sebagai pemain B2B (business to business), namun tiga tahun belakangan Huawei mulai fokus menjadi perusahaan B2C (business to consumer). Memproduksi produk konsumer yang langsung menyasar end user. Jajaran modem baru ini, khususnya yang telah mendukung 4G LTE dihadirkan guna mendukung kebutuhan pengguna di Indonesia."

Bobby juga menjelaskan bahwa segmen pasar yang disasar adalah para pengguna di wilayah-wilayah yang telah ter-cover jaringan 4G LTE , khususnya kalangan konsumen pelaku bisnis.

Namun begitu, menurut Bobby, konsumen lain di wilayah Indonesia yang belum ter-cover jaringan 4G LTE pun kini mulai menginginkan produk-produk yang telah mendukung teknologi 4G LTE.

"Segmen pasar utamanya ya para konsumen di wilayah yang sudah ter-cover 4G LTE, tapi bukan berarti konsumen di luar wilayah itu tidak menginginkannya. Kini banyak konsumen yang mengharapkan produk yang sudah mendukung 4G LTE, meskipun mereka belum bisa menikmati layanan tersebut. Mereka mulai sadar bahwa 4G LTE akan terus berkembang di Indonesia dan ketika jaringan tersebut masuk ke wilayah mereka, perangkat yang dimiliki sudah siap," papar Bobby.

Untuk lebih jelasnya, berikut daftar harga lima modem 4G dan 3G terbaru dari Huawei:

1. Huawei E5373 (4G LTE mobile Wi-Fi) Rp 1,650 juta
2. Huawei E3372 (4G LTE dongle Wi-Fi) Rp 1.075 juta
3. Huawei E3538 (3G ultra slim mobile Wi-Fi) Rp 1.075 juta
4. Huawei E5730 (3G mobile Wi-Fi) Rp 1,380 juta
5. Huawei B68L (3G Wi-Fi router) Rp 1,525 juta

(dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini