Sukses

Game Minecraft Bakal Dilarang Beredar di Turki

Game Minecraft akan dilarang beredar di negara Turki, apa alasannya?

Liputan6.com, Turki - Setelah beberapa kasus game yang dilarang untuk beredar di beberapa negara, kini giliran Turki yang berencana untuk melarang peredaran game populer Minecraft.

Mengutip laman Game Focus, Rabu (18/2/2015), Menteri Keluarga dan Kebijakan Sosial, Aysenur Islam, khawatir akan eksistensi game besutan developer Mojang ini.

Salah satu website Turki, Haberturk, juga mengungkap bahwa Aysenur tidak menyetujui konsep yang dimiliki oleh Minecraft. Ia mengatakan bahwa game ini terlalu brutal dan terlalu riskan untuk dimainkan anak-anak.

"Kami akan menyelidiki isi dari game Minecraft ini, dan jika memang benar ditemukan adanya unsur kekerasan, maka kami akan segera menghentikan peredaran game ini." ungkap Aysenur.

Aysenur juga menambahkan bahwa game open-world ini memiliki promosi agresivitas dan bahkan 'menyelundupkan' pesan kekerasan terhadap kaum wanita.

Melihat hal ini, tentunya Microsoft selaku pemilik hak dagang game Minecraft langsung angkat bicara terhadap tindakan yang akan dilakukan Turki terhadap game fenomenalnya tersebut.

Microsoft mengatakan bahwa Minecraft adalah game yang bisa dimainkan oleh semua umur dan dari berbagai macam kalangan. Gameplay Minecraft membuat pemainnya bebas brekreasi menggunakan alat-alat yang tersedia di game ini.

"Kami bahkan memiliki pesan moral agar pemain bisa belajar untuk bekerja sama untuk membangun dan berpetualang." tambah pihak Microsoft.

Menanggapi kasus ini, Microsoft pun langsung mengambil jalan tengah agar negara Turki bisa tetap menikmati game Minecraft.

Gamer masih bisa tetap main Minecraft dengan mengakses Creative Mode atau mengaktifkan pengaturan `Peaceful` untuk mencegah munculnya para monster agar tidak terjadi pertarungan di dunia Minecraft. 

(jek/isk)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Minecraft adalah sebuah permainan sandbox yang dikembangkan oleh pengembang permainan asal Swedia Mojang Studios.

    Minecraft

  • Game