Sukses

Mobil Pintar Apple Tidak Bisa Mengemudi Sendiri?

Apple dikabarkan lebih tertarik untuk mengembangkan mobil bertenaga listrik tanpa BBM seperti yang telah dirilis oleh Tesla.

Liputan6.com, Jakarta - Pasti banyak di antara kita mendambakan sebuah mobil pintar yang bisa mengemudi sendiri (self-driving). Hanya tinggal menumpanginya, dan duduk santai hingga sampai tujuan.

Google seperti yang diketahui menjadi salah satu pihak yang berusaha keras mewujudkan mimpi banyak orang itu. Tim proyek rahasia Google X yang dipimpin oleh Sergei Brin pun sudah sejak 2010 meninvestasikan dana yang besar untuk mengembangkan mobil self-driving.

Tak mau kalah dari Google, Apple pun kini digosipkan tengah bersiap mengumumkan eksistensi produk mobil pintar besutannya sendiri. Namun menurut sumber terpercaya kepada Wall Street Journall, mobil pintar Apple bukanlah jenis mobil self-driving seperti yang sejak beberap tahun kemarin dikembangkan Google.

Sumber tersebut menginformasikan bahwa Apple lebih tertarik untuk mengembangkan mobil bertenaga listrik tanpa BBM seperti yang telah dirilis oleh Tesla.

Namun informasi tersebut dibantah oleh sumber lain yang berbicara kepada Reuters. Menurut sumber Reuters mobil pintar Apple adalah jenis mobil self-driving canggih persis seperti Google.

"Teknologi mengemudi otomatis adalah evolusi. Produsen mobil perlahan-lahan akan beralih ke sistem mobil otonom. Apple sangat tertarik dengan ide pengembangan mobil dengan teknologi mengemudi otomatis," ungkap sang sumber seperti yang dikutip dari laman Reuters.

Sebelumnya laman Wall Street Journall juga sempat menginformasikan bahwa proyek rahasia pengembangan mobil pintar Apple ini diberi kode nama 'Titan', dan desainnya nanti akan berupa sebuah minivan.

Namun begitu, berbagai kabar yang beredar ini patut disadari memang masih sebatas rumor dan spekulatif. Pasalnya pihak Apple belum memberikan konfirmasi kebenaran kabar mobil pintar besutan mereka.

(dhi/dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.