Sukses

Samsung Fokus Kembangkan Internet of Things

Jumlah perangkat yang terintegrasi ke internet akan semakin banyak.

Liputan6.com, Bangkok - Di masa depan, Internet tidak hanya akan ada di perangkat mobile dan komputer saja. Internet akan tersedia di perangkat rumah tangga, mobil, mesin cuci, dan seluruh perangkat yang sering digunakan manusia sehari-hari.

Ya, sekarang kita memang berada di era internet. Jumlah perangkat yang terintegrasi ke internet akan semakin banyak. Dan ini akan mengubah cara orang mengintegrasikan teknologi ke kehidupan mereka.

"Bicara masa depan, trennya adalah Internet of Things (IOT). IOT memberikan makna baru kepada benda-benda yang kita jumpai sehari-hari, mengubah rumah, industri dan masa depan dunia", kata Yong Sung Jeon, President & CEO Samsung Electronics South East Asia & Oceania di acara Samsung Forum 2015 yang berlangsung di Bangkok, Thailand, Kamis (12/2/2015).

Menurut Jeon, IOT akan mengubah cara manusia dalam beraktivitas. Misalnya saja, mobil di tempat parkir nantinya bisa diperintah untuk datang menghampiri Anda, atau saat sudah mau sampai di rumah, mobil bisa diperintahkan untuk menyatakan AC.

"Samsung akan terus meminimalkan batasan dan mengembangkan perangkat cerdas untuk memperbaiki kehidupan konsumen", ucapnya.

Inti bisnis Samsung dari dulu hingga sekarang menurut Jeon adalah memikirkan segala kemungkinan yang ada untuk memberikan apa yang dibutuhkan konsumen saat ini dan di masa yang akan datang.

Internet of Things atau dikenal juga dengan sebutan 'IoT' pada dasarnya adalah ide bahwa seluruh produk bisa terhubung ke internet dan saling berkomunikasi setiap hari. Salah satu contohnya adalah kulkas, televisi, atau kendaraan yang bisa terhubung ke jaringan internet. Hal ini pun dimanfaatkan oleh para produsen perangkat teknologi untuk merilis produk-produk yang terkoneksi internet.

Samsung Forum merupakan forum tahunan yang rutin diadakan oleh Samsung Electronics untuk memperkenalkan line-up dan teknologi terbaru mereka. Pada Samsung Forum tahun 2015 ini, Samsung Electronics memperkenalkan beragam produk termasuk Samsung Smart Camera NX1, Samsung Galaxy Note Edge, Samsung Printing Solutions, S-UHD TV hingga mesin cuci Activ Dualwash.

(dew)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini