Sukses

Komputer Pertama Apple Laku Terjual Rp 10 Miliar

Apple-1 yang dilelang ini merupakan salah satu dari 50 unit yang dibuat Steve Wozniak pada musim panas 1976.

Liputan6.com, New York - Rumah lelang Bonham di New York, Amerika Serikat, belum lama ini menggelar pelelangan produk pertama besutan Apple. Adalah Apple-1, komputer desktop pertama Apple yang diciptakan pada tahun 1976 silam.

Menurut yang dilansir laman NBC News, Jumat (24/10/2014), Apple-1 laku terjual seharga US$ 905 ribu atau sekitar Rp 10,8 miliar kepada museum Henry Ford. Untuk ke depannya, Apple-1 akan tersimpan dan dipamerkan di museum Henry Ford yang terletak di Michigan, AS.

Awalnya pihak rumah lelang Bonham sempat pesimis dengan harga jual Apple-1. Mereka bahkan hanya memasang target tertinggi senilai US$ 350 ribu hingga US$ 500 ribu. Namun hasilnya di luar dugaan. Pengurus yayasan museum Henry Ford langsung memberikan penawaran tertinggi.

"Kami gembira dapat memecahkan rekor penjualan komputer kuno dan bahkan lebih gembira komputer itu menuju rumahnya yang baru di museum Henry Ford," ungkap Cassandra Hatton, salah seorang kurator di museum Henry Ford.

Kondisi komputer Apple-1 sendiri hingga saat ini masih dalam kondisi baik. Apple-1 yang dilelang tersebut masih dilengkapi dengan motherboard, papan keyboard, monitor Sanyo, pasokan tenaga yang ditempatkan di kotak kayu, serta dua pemutar kaset. Namun fungsinya diragukan masih mampu berjalan dengan baik.

"Apple-1 tidak hanya inovatif, tapi juga merupakan artefak kunci dalam sejarah revolusi digital," papar Patricia Mooradian, Presiden yayasan Henry Ford.

Apple-1 yang dilelang ini merupakan salah satu dari 50 unit yang dibuat Wozniak pada musim panas 1976. Saat itu Wozniak merakit seluruh unit Apple-1 di kamar adik perempuan mendiang Steve Jobs.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini