Sukses

Indonesia Berpotensi Jadi Pasar Smartphone 4G Terbesar Dunia

Huawei menyebutkan bahwa Indonesia memiliki potensi sebagai pasar ponsel terkuat pengembangan layanan 4G LTE.

Liputan6.com, Jakarta - Smartphone sudah bukan lagi barang mewah bagi sebagian masyarakat Indonesia. Penetrasi pengguna smartphone di Indonesia disebutkan mencapai hampir 30 persen jumlah pengguna ponsel.

Belakangan ini, smartphone yang beredar di pasar ponsel Indonesia juga telah dibekali teknologi 4G LTE (long term evolution). Huawei menyebutkan bahwa Indonesia memiliki potensi sebagai pasar ponsel terkuat pengembangan layanan 4G LTE.

"Peluang layanan digital sangatlah tinggi. Hal ini akan memberikan kesempatan bagi 4G LTE untuk memberikan layanan yang lebih kompleks, meningkatkan kecepatan, mempercepat konektivitas, melayani layanan digital dan aplikasi serta memberikan pelangalaman pelanggan yang lebih baik," ungkap Mohamad Rosidi, General Manager Solution Consulting Huawei Indonesia.

Ia menyebutkan bahwa lalu lintas data di Indonesia mengalami pertumbuhan berlipat ganda setiap tahunnya. Komposisi pengguna layanan data juga terus meningkat dengan makin banyak hadirnya layanan berbasis online.

"Sekarang semua sudah mulai berbasis online, e-commerce, media sosial dan video dengan pengalaman pengguna yang membaik. Operator dituntut untuk meningkatkan inovasi dan teknologi guna memenuhi permintaan pelanggan akan layanan data," tambah Rosidi.

Lebih lanjut, Rosidi yang ditemui tim Tekno Liputan6.com di Hotel JW Marriot Jakarta, Selasa (14/10/2014), mengungkapkan bahwa masa depan penyebaran teknologi mobile broadband bergantung pada kondisi operator dan ekosistemnya.

Huawei sendiri mengklaim ekosistem 4G LTE telah didukung oleh para pemasok perangkat. Secara keseluruhan sudah lebih dari 600 perangkat smartphone dari 1.800 model perangkat yang telah mendukung teknologi 4G LTE di pasaran saat ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini