Sukses

Begini Cara Menangkal Virus di Smartphone

Agar malware tidak menginfeksi smartphone Anda, berikut beberapa langkah sederhana yang bisa diterapkan.

Liputan6.com, Jakarta - Kaspersky Lab baru saja mendeteksi virus Trojan baru yang menargetkan perangkat Android dan menyamar sebagai game yang menyenangkan yaitu Tic Tac Toe. Agar malware jahat ini tidak menginfeksi smartphone Anda, berikut beberapa langkah sederhana yang bisa diterapkan. 

Usahakan jangan mengaktifkan pilihan instal aplikasi dari pihak ketiga. Download dan instal aplikasi dari jalur resmi, seperti di toko aplikasi Google Play Store, Apple App Store, Amazon Store, dan toko aplikasi resmi lainnya.

Saat menginstal aplikasi baru, hati-hati dalam mempelajari hal-hal yang diminta. Jika hal-hal yang diminta tidak sesuai dengan fungsi aplikasi yang dimaksud, jangan menginstal aplikasi tersebut.

Yang tak kalah penting adalah gunakanlah perangkat lunak (software) keamanan berkualitas untuk perlindungan maskimal pada perangkat genggam Anda.

Sebagai informasi, malware anyar yang baru saja ditemukan tim Kaspersky Lab dijuluki sebagai Trojan Gomal yang mengumpulkan informasi tentang perangkat yang diinfeksi dan mengirimkan semua data ke server utama.

Bukan itu saja, program jahat ini juga memiliki fungsi baru yang jarang terlihat dalam jenis malware lainnya. Gomal memiliki semua fungsi spyware yang dapat merekam suara, melakukan panggilan, dan mencuri SMS.

Selain itu, malware ini juga memiliki mekanisme yang menyediakan akses ke berbagai layanan Linux dan menyerang sistem operasi berbasis Android. Secara khusus, Trojan dapat membaca memori dan membahayakan banyak aplikasi komunikasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini