Sukses

2 Zat Pemicu Kanker Ditemukan di iPhone dan iPad

Dua zat berbahaya, yakni Benzena dan N-hexane diketahui digunakan dalam proses pembuatan iPhone dan iPad.

Liputan6.com, California - Apple dirundung kabar kurang mengenakkan. Proses pembutan dua produk andalan mereka, iPhone dan iPad, dituduh bermasalah karena melibatkan material yang berbahaya bagi kesehatan, bahkan diklaim mampu memicu kanker.

Dua zat berbahaya, yakni Benzena dan N-hexane diketahui digunakan dalam proses pembuatan iPhone dan iPad. Benzena adalah zat karsinogen yang dapat memicu penyakit leukemia atau kanker darah, sementara N-hexane dapat mengakibatkan kerusakan syaraf. 

Namun tenang saja, pasalnya setelah didesak dua kelompok aktivis serikat pekerja China Labour Watch dan Green America, Apple pun memutuskan untuk tidak lagi menggunakan dua zat berbahaya tersebut.

"Kami melakukan segala yang bisa kami lakukan untuk mencegah paparan kimia dan selalu memperhatikan segala kekhawatiran," ungkap Lisa Jackson, wakil direktur divisi lingkungan Apple seperti yang dilansir laman Mirror.

Menurut hasil peneleusuran China Labour Watch dan Green America di 22 pabrik rekanan Apple di Tiongkok, tercatat ada 4 pabrik yang sudah terpapar radiasi kimia Benzena dan N-hexane. Sementara 18 lainnya masuk ke dalam kategori aman.

Sebenarnya di industri perangkat elektronik bukan hanya Apple saja yang menggunakan dua zat tersebut. Para produsen elektronik besar lainnya juga memakainya. Benzena dan N-hexane umumnya digunakan pada proses akhir perakitan perangkat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini