Sukses

Xiaomi Masuk 5 Besar Produsen Smartphone Dunia

Perusahaan yang dijalankan oleh miliarder Lei Jun ini berhasil menguasai 5% pangsa pasar smartphone global dalam tiga bulan terakhir.

Liputan6.com, Jakarta - Penjualan smartphone secara global terus mengalami pertumbuhan. Namun 'bintang' pelaku pasarnya dalam tiga bulan terakhir bukanlah Apple atau Samsung, melainkan Xiaomi.

Perusahaan yang dijalankan oleh miliarder Lei Jun ini berhasil menguasai 5% pangsa pasar smartphone global dalam tiga bulan terakhir. Demikian data terbaru yang dirilis perusahaan Strategy Analytics.

Pada kuartal dua 2014, Xiaomi tercatat telah mengirimkan 15,1 juta smartphone. Sekarang Xiaomi memiliki pangsa pasar 5,1%, naik dari 1,8% pada periode yang sama tahun lalu.

Menurut analis Strategy Analytics, Woody Oh, ini adalah pertama kalinya Xiaomi masuk ke posisi 5 besar dalam hal pangsa pasar pengiriman smartphone secara global. Ini merupakan pencapaian yang luar biasa mengingat perusahaan Xiaomi baru berdiri selama 4 tahun.

"Smartphone Android Xiaomi sangat populer di pasar China dan menggeser jutaan smartphone setiap triwulannya melalui online dan saluran operator yang luas," kata Oh, seperti dikutip dari Forbes dan ditulis Minggu (3/8/2014).

Sebagai contoh, ribuan perangkat besutan Xiaomi seperti smartphone Mi3 telah habis terjual dalam hitungan detik sejak ditawarkan kepada publik. Produk yang dikeluarkan Xiaomi disebut-sebut mirip iPhone. Bahkan, CEO Xiaomi Lei Jun dijuluki sebagai copycat-nya Steve Jobs.

Dalam gaya presentasi, Lei Jun disebut-sebut meniru gaya Steve Jobs, termasuk gaya berpakaiannya. "Smartphone Mi4 juga disebut memiliki kemiripan dengan iPhone, dan situs Xiaomi memiliki banyak kesamaan dengan Apple," ujar Oh.

Xiaomi berencana melebarkan sayap bisnisnya keluar China dengan menargetkan konsumen di Asia dan Eropa. "Xiaomi harus menginvestasikan dana yang besar untuk membiasakan konsumen barat dengan nama merek asing," kata Oh.

Samsung masih memimpin

Pasar smartphone secara global diprediksi masih akan tumbuh. Strategy Analytics memprediksi permintaan yang kuat berasal dari Asia dan Afrika, sedangkan di Amerika Utara dan Eropa mulai melambat.

Samsung masih memimpin pasar smartphone global dengan pangsa pasar 25,2% pada Q2 tahun ini, disusul oleh Apple dengan pangsa pasar 11,9%, Huawei 6,8% dan Lenovo 5,4%.

Secara global, pengiriman smartphone tumbuh 27% year-on-year mencapai angka 295 juta unit pada kuartal kedua 2014, Android mendominasi 85% pangsa pasar smartphone baru pada kuartal tersebut.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini