Sukses

Streaming Video Lemot, YouTube Salahkan Penyedia Layanan Internet

YouTube dilaporkan telah merilis sebuah fitur baru untuk memperlihatkan kualitas jaringan internet yang Anda gunakan.

Liputan6.com, California - Anda pastinya sering menonton streaming video via YouTube. Tentunya Anda pun tak jarang dibuat kesal oleh leletnya proses buffering saat menonton video di situs berbagi video itu.

Nah, jika Anda mengalami masalah seperti itu, siapa yang akan Anda salahkan? YouTube atau penyedia layanan internet? Untuk meperjelas siapa yang 'berhak' disalahkan, YouTube dilaporkan telah merilis sebuah fitur baru untuk memperlihatkan kualitas jaringan internet yang Anda gunakan.

Ketika Anda menonton sebuah streaming video dan tiba-tiba proses buffering terjadi, maka kini akan muncul sebuah pesan berbunyi 'Experiencing interruptions?'. Lalu Anda akan diarahkan untuk mengecek sebuah link yang nantinya akan memperlihatkan seberapa baik atau buruk kualitas jaringan internet yang tersedia.


Dengan kata lain, situs berbagi video milik Google ini tidak mau layanannya dinilai bermasalah karena proses buffering lemot. YouTube ingin para penggunanya tau bahwa ternyata yang bermasalah adalah kualitas jaringan internet yang digunakan.

Menurut yang dilansir laman Business Insider, Selasa (8/7/2014), apa yang dilakukan YouTube ini sebelumnya sudah lebih dulu dilakukan oleh Netflix. Bahkan saat itu layanan video berlangganan tersebut sempat diprotes oleh sejumlah provider jaringan internet.



Verizon, salah satu operator seluler sekaligus penyedia layanan internet terbesar di Amerika Serikat malah sempat balik menyerang Netflix dan menyebutkan bahwa layanan Netflix-lah yang bermasalah, bukan jaringan internet mereka.

Setelah permasalah tersebut muncul, kini Netflix sudah tidak lagi memunculkan pesan tersebut. Mereka mengklaim fitur itu gagal melewati masa uji coba.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini