Sukses

Pencarian Lagu & Video Jokowi di Internet Meningkat Tajam

Video `Salam Dua Jari` menarik lebih dari 500.000 views di YouTube, pencarian untuk `Lagu Jokowi` naik 400%.

Liputan6.com, Jakarta - Google merilis data pencarian untuk lagu dan video musik kampanye di mesin pencarinya menjelang Pemilihan Presiden (Pilpres) 2014. Minggu ini, pencarian untuk `Lagu Jokowi` meningkat tajam, tepat di bawah pencarian terhadap lagu hits internasional seperti `Happy`.

Pencarian yang berhubungan dengan musik untuk Joko Widodo (Jokowi) mencapai puncaknya hingga 400% sepanjang bulan lalu, mayoritas berasal dari kota Semarang, Yogyakarta, Jakarta, Surabaya dan Medan.

Demikian pula dengan Prabowo. Pencarian yang terkait `Lagu Prabowo` memuncak pada 25 Juni 2014, dengan lonjakan yang signifikan hingga 600%. Sebagian besar pencarian berasal dari Jakarta, Yogyakarta, Surabaya dan Medan, Sumatera Utara.

Bagi kubu Jokowi, lagu sepertinya menjadi salah satu cara yang efektif untuk berkampanye, dengan ketertarikan pencarian lebih banyak pada 30 hari terakhir untuk `Lagu Jokowi`, demikian pula `video Prabowo` juga menarik lebih banyak pencarian pada periode yang sama.

Lima video kampanye populer juga telah ditonton oleh hampir 1 juta pemirsa di YouTube. Pada 4 Juli 2014, video `Hentakan Semangat Prabowo-Hatta` menarik lebih dari 10.000 views, `Lagu Ahmad Dhani untuk Prabowo` lebih dari 3.000 views.

Sedangkan video `Mister Jokowi` menarik perhatian lebih dari 1.000 views, `Salam Dua Jari` lebih dari 500.000 views, dan `Bersatu Padu Coblos No. 2` mendapat perhatian lebih dari 300.000 views.

Calon wakil presiden juga menjadi Top Trending Topik di minggu terakhir ini. Setelah debat mereka yang pertama dan satu-satunya pada tanggal 29 Juni 2014 lalu, `Debat cawapres` adalah istilah yang paling dicari keempat, tepat di bawah pencarian untuk pertandingan dan skor Piala Dunia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.