Sukses

6 Bulan, Xiaomi Berhasil Jual 26,1 Juta Smartphone

Sebagai bintang baru di pasar smartphone, ekspansi Xiaomi di berbagai negara mulai membuahkan hasil manis.

Liputan6.com, Jakarta - Sebagai bintang baru di pasar smartphone, ekspansi Xiaomi di berbagai negara mulai membuahkan hasil manis. Terbukti, perusahaan asal Negeri Tirai Bambu ini berhasil menjual 26,1 juta smartphone dalam enam bulan pertama 2014.

Penjualan ini berhasil melampaui jumlah unit yang terjual selama 2013. Xiaomi menjual 18,7 juta smartphone pada 2013, naik 160 persen dari tahun sebelumnya dan melebihi target penjualan. 

Menurut laporan The Next Web, Rabu (2/7/2014), selama enam bulan pertama tahun ini, Chief Executive Officer (CEO) Xiaomi, Lei Jun, mengungkapkan bahwa perusahaan mencapai total pendapatan US$ 5,3 miliar, naik 149 persen dari periode yang sama pada tahun sebelumnya. Angka ini tidak merujuk pada keuntungan, tapi masih dinilai cukup bagus karena Xiaomi baru mulai merilis perangkat pertama pada 2011. 

Adapun Xiaomi telah mengapalkan 11 juta smartphone pada kuartal pertama 2014, dengan total target 40 juta unit untuk tahun ini. Melihat rekam jejak yang cukup baik, Xiaomi memiliki peluang untuk mengapalkan 60 juta unit smartphone.

Lei juga memprediksi Xiaomi akan mengapalkan 100 juta smartphone pada tahun depan.



Xiaomi pun terus memperkuat posisinya di pasar smartphone, melalui langkah pertamanya di luar Tiongkok dengan hadir di Singapura. Perusahaan juga tengah sibuk memperluas jangkauannya ke berbagai bagian lain di Asia Tenggara. Amerika Latin pun disebut sedang berada dalam bidikan.

Selain memperluas kehadirannya di berbagai pasar, Xiaomi semakin memperkuatnya dengan merekrut mantan Vice President (VP) Google, Hugo Barra, yang kini menjadi VP Xioami Global.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.