Sukses

Google Akuisisi Layanan Streaming Musik Songza

Google kembali memperpanjang daftar akuisisinya dengan membeli layanan streaming musik, Songza.

Liputan6.com, Jakarta - Google kembali memperpanjang daftar akuisisinya dengan membeli layanan streaming musik, Songza. Ini adalah strategi baru Google untuk memiliki peran lebih besar dalam bisnis musik online yang tengah tumbuh.

Menurut yang dilansir Reutres, Rabu (2/7/2014), Google mengatakan akan mengeksplor berbagai cara untuk menggabungkan aspek Songza ke dalam layanan streaming musik perusahaan dalam beberapa bulan mendatang. Untuk saat ini, Songza tidak akan mengubah layanannya bagi pengguna.

Raksasa mesin pencari ini tidak merinci jumlah kesepakatan akuisisi. Namun sumber New York Post mengklaim bahwa Google menawarkan nilai akuisisi sebesar US$ 15 juta atau sekitar Rp 177,7 miliar.

Adapun Google masih belum mau mengungkapkan jumlah karyawan Songza saat ini. Kendati demikian, perusahaan menegaskan bahwa Songza akan terus bekerja di basisnya di New York, Amerika Serikat. 

Pembelian Songza ini berselang satu bulan setelah Apple mengakuisisi perusahaan produk audio dan layanan streaming musik, Beats, senilai US$ 3 miliar. Sama seperti Google, Apple juga ingin memperkuat pijakannya di pasar musik.

Menurut Reuters, penjualan unduhan (download) musik digital mengalami penurunan dalam beberapa bulan terakhir. Di sisi lain, layanan streaming musik seperti Pandora dan Spotify justru semakin popular di kalangan konsumen.

Baca juga:
Google Bakal Beli Perusahaan Kamera WiFi?
YouTube Akuisisi Situs Video Game Twitch Rp 12 Triliun
Ini Alasan WhatsApp Mau Dipinang Facebook Ketimbang Google
10 Daftar Aksi Akuisisi Termahal di Dunia Teknologi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini