Sukses

Google Akan Tutup Jaringan Sosial Orkut

Ketika diluncurkan sepuluh tahun yang lalu, Orkut sebenarnya sudah kehilangan daya tarik karena munculnya Facebook dan Twitter.

Liputan6.com, California - Google baru saja mengumumkan bahwa pihaknya berencana akan menutup jaringan sosial miliknya, Orkut. Langkah ini dilakukan raksasa internet itu karena pamor Okrut dinilai mulai meredup.

Jumlah penggunanya pun kian menurun dari tahun ke tahun, meskipun jejaring sosial milik Google lainnya, Google+, juga tak jauh lebih baik. Dimulai sejak 30 September 2014, Orkut tidak akan lagi tersedia. Dengan demikian, bagi pengguna yang memiliki album foto atau data di Orkut, diharapkan untuk mengekspornya di ruang penyimpanan lain.

Mengutip laman Softpedia, Selasa (1/7/2014), ketika diluncurkan sepuluh tahun yang lalu, Orkut sebenarnya sudah kehilangan daya tarik karena banyak munculnya jejaring sosial lain, seperti Facebook dan Twitter.

"Orkut telah besar selama 10 tahun. Kami meminta maaf kepada pengguna yang masih aktif menggunakan layanan ini. Kami berharap Anda akan menemukan komunitas online lain untuk memicu lebih banyak percakapan dan membangun hubungan yang lebih baik," kata Paulo Golgher selaku Engineering Director Google.



Beberapa tanda menunjukkan bahwa Google sudah sejak lama ingin menutup Orkut. Misalnya, tidak ada seorangpun karyawan Google yang aktif menggunakan Orkut. Kedua, aplikasi Orkut untuk Android terbaru diperbarui kembali pada bulan Februari 2012.

Padahal,  biasanya Google akan selalu mencoba untuk menjaga perkakas yang ada di dalam aplikasi sampai dengan standar keamanan baru serta kompatibel dengan semua jenis perangkat dan versi sistem operasi.

Seiring dengan pengumuman ini Orkut tidak akan lagi membuka pendaftaran baru mulai saat ini. Bagi pengguna yang masih menggunakan layanan dan masih aktif mengakses layanan, Google menyediakan batas waktu untuk mengekspor data mereka hingga akhir September 2014.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.