Sukses

Ledakan Data Terjadi di Tahun 2020

Tahun 2020 data digital yang bertebaran di seluruh dunia akan meroket 10 kali lipat dibanding tahun 2013.

Liputan6.com, Belitung - Pertumbuhan pengguna internet dan perangkat mobile mendorong sebuah konsep yang disebut dengan 'big data'. Berbagai jenis data digital yang bertebaran di internet sudah tak relevan lagi didistribusikan ke media penyimpanan berwujud hardware.

Kebutuhan pengguna menuntut kehadiran sebuah teknologi yang memungkinkan mereka untuk dapat menyimpan serta mengakses data kapan pun dan di mana pun. Maka lahirlah teknologi komputasi awan, atau populer disebut 'cloud'.

Country Manager EMC Indonesia, Adi Rusli menjelasakan bahwa cloud saat ini menjadi satu-satunya metode yang paling tepat untuk menangani kondisi 'ledakan' data yang terjadi dengan pesat per tahunnya.

Menurut data yang dimiliki International Data Corporation (IDC), data digital yang bertebaran di seluruh dunia pada tahun 2013 kemarin mencapai 4,4 zetabytes. Angka tersebut diprediksi akan meningkat 10 kali lipat di tahun 2020 menjadi 44 zetabytes.

"Belum ada metode lain selain cloud yang mampu menangani kondisi ledakan data tersebut. Dengan cloud, biaya yang dibutuhkan untuk mengakomodasi kebutuhan penyimpanan data juga menjadi lebih hemat," tutur Adi di acara Virtus Media Gathering yang berlangsung di Tanjung Pandan, Belitung.

Lebih lanjut Adi pun memberi gambaran lonjakan data yang ditangani oleh perusahaannya dalam kurun waktu beberapa puluh tahun terakhir.

Sejak tahun 1978 hingga 2005, Adi menyebutkan, EMC meng-cover data sebesar 1 exabytes. Namun sejak tahun 2010, data sebesar 1 exabytes tercover tiap 3 bulan sekali. Di tahun ini, data sebesat 1 exabytes diakui harus mereka cover tiap bulannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini