Sukses

Pendiri Apple: Saya Ahlinya Game Tetris!

Woz selalu menjadi pencetak skor terbanyak Gameboy versi Tetris di daftar skor yang dimuat majalah Nintendo Power.

Liputan6.com, California - Tepat tanggal 6 Juni 2014 kemarin, salah satu game tersukses di dunia, Tetris, memasuki usianya yang ke-30 tahun. Tentunya banyak orang yang sangat menggemari Tetris, termasuk salah satu pendiri Apple yang satu ini.

Ya, Steve Wozniak, salah seorang pendiri Apple yang kerap disapa dengan panggilan akrab Woz itu beberapa waktu lalu dimintai pendapatnya terkait Tetris oleh situs teknologi Gizmodo.

Pada kesempatan itu ada sebuah pernyataan menarik yang dilontarkan oleh Woz. Ia dengan bersemangat mengatakan bahwa dirinya adalah 'superstar' Tetris.

Woz menceritakan bahwa di penghujung era 80-an ia selalu menjadi pencetak skor terbanyak Gameboy versi Tetris di daftar skor yang dimuat majalah Nintendo Power. Masalahnya, ia selalu berhasil memecahkan rekornya sendiri dan terus-menerus merajai daftar skor tertinggi Gameboy Tetris di majalah Nintendo Power.

Hingga pada akhirnya majalah Nintendo Power menolak untuk kembali memuat nama Woz di daftar tersebut. Namun Woz tak kehabisan akal.

"Saya selalu menjadi top skor untuk Gameboy Tetris di Nintendo Power. Bahkan sampai mereka bosan dan menolak untuk kembali mencantunkan nama saya. Tapi saya punya cara lain, akhirnya saya memutuskan untuk mengirimkan skor Tetris terbaru saya pada Nintendo Power dengan menggunakan nama saya yang dieja secara terbalik (Evets Kainzow), saya pun mengubah kota asal pengirim dari Los Gatos ke Saratoga. Tentu saja, nama baru saya itu tetap menjadi yang teratas di dalam daftar," papar Woz sembari mengenang masa lalu seperti yang dilansir laman Business Insider, Senin (9/6/2014).

Tetris sendiri pertama kali hadir pada tahun 1984 sebagai hasil karya seorang programer komputer asal Rusia bernama Alexey Pajitnov. Nama Tetris diakui Pajntov diambil dari bahasa Yunani, tetra, yang memiliki arti angka empat. Sementara untuk gameplay-nya sendiri terinspirasi dari game teka-teki klasik Pentomino.

Pada tahun 1988, seorang pengusaha asal Belanda bernama Henk Rogers mengajukan hak paten Tetris untuk konsol game portabel. Ia mengaku langsung kepincut dengan Tetris sejak pertama kali mencobanya pada ajang CES 1988.

Rogers pun gerak cepat membawa Tetris versi portabel ke pasaran. Ia menghubungi dua publisher game ternama Jepang, Nintendo dan Famicon. Ditolak oleh Nintendo, Tetris ternyata mendapat sambutan hangat di Famicon. Di tahun 1989, justru Nintendo yang memohon Rogers membawa Tetris pada mereka. Akhirnya konsol portabel Gameboy versi Tetris pun dirilis, dan terjual sebanyak 35 juta unit sepanjang tahun itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.