Sukses

Samsung Luncurkan Smartphone Tizen Pertama di Dunia

Samsung luncurkan smartphone pertama bertenaga Tizen OS di dunia.

Liputan6.com, Samsung sepertinya memang sedang berupaya mengurangi ketergantungannya dari sistem operasi Android. Peluncuran sebuah smartphone dengan sistem operasi Tizen OS buatannya menjadi salah satu bukti upaya tersebut.

Samsung secara resmi memperkenalkan smartphone ini dengan nama yang cukup sederhana, Samsung Z. Vendor itu tak membekali embel-embel tambahan seperti yang disematkannya di perangkat berplatform lain, Galaxy di handset Android dan Ativ di handset Windows.

Perangkat ini menjadi smartphone pertama dari Samsung yang bertenaga sistem operasi Tizen yang tak lain merupakan platform kembangan Samsung. Tizen OS versi 2.2.1 berada di balik antarmuka ponsel ini.

Laman Sammobile, Selasa (3/6/2014) melaporkan, handset Samsung Z dibekali layar Super Amoled seluas 4,9 inci beresolusi 1280x720 piksel. Desainnya terlihat menyerupai ponsel andalan Galaxy S versi lawas dengan cover kulit di bagian belakangnya.

Di bagian dalamnya, handset ini dibekali dengan prosesor quad-core berkecepatan 2,3 Ghz yang dipadu RAM 2 GB. Selain itu, terdapat ruang penyimpanan internal seluas 16 GB yang bisa diekspansi melalui slot MicroSD.

Kamera beresolusi 8 MP dilengkapi LED flash tersemat di belakang ponsel pintar ini. Sedangkan di bagian depan ada kamera 2,1 MP yang bisa dimanfaatkan untuk foto selfie ataupun melakukan panggilan video chat dan video call.

Baterai berkapasitas 2.600 mAh dipilih sebagai sumber tenaga handset ini. Tak lupa, fitur sensor sidik jari dan penghitung detak jantung ada di smartphone teranyar vendor asal Negeri Ginseng ini.

Samsung masih belum memberikan informasi detil lain terkait harga dan waktu ketersediaan di pasar. Samsung baru akan memamerkan perangkat ini di acara kumpul pengembang Tizen OS tanggal 3 Juni 2014.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.