Sukses

Google Desak Samsung Untuk Hapus Toko Aplikasinya?

Langkah itu diambil Samsung guna memenuhi permintaan Google untuk meminimalkan kostumisasi dan keberadaan aplikasi.

Liputan6.com, Toko aplikasi Samsung Hub dikabarkan bakal dihapus oleh Samsung. Layaknya Google Play Store, Samsung Hub menyediakan beragam konten seperti buku, aplikasi, musik, video, dan game.

Rencana tersebut disampaikan langsung oleh Philip Berne selaku marketing manager media teknis Samsung. "Samsung Hub akan segera kami hapus," tegas Berne seperti dikutip dari Phone Arena, Jumat (16/5/2014).

Beberapa pihak meyakini bahwa langkah tersebut diambil Samsung guna memenuhi permintaan Google untuk meminimalkan kostumisasi dan keberadaan aplikasi yang memiliki fungsi sama dengan aplikasi bawaan Android.

Permintaan itu sempat disampaikan Google setelah perilisan tablet NotePRO dan TabPRO yang memiliki antarmuka (UI) mirip dengan Windows. Penghapusan Samsung Hub sebenarnya juga sudah terlihat di perangkat Galaxy S5 yang bersih dari toko aplikasi tersebut.

Berne sendiri masih belum tahu kapan secara resmi Samsung Hub akan dihapus. Maka dari itu, saat ini pengguna smartphone atau tablet Samsung masih dapat mengunduh Samsung Hub dari Google Play Store.

Sebelumnya pada akhir April 2014,  Samsung telah mengumumkan bahwa pihaknya tidak akan lagi mendistribusikan aplikasi berbayar untuk smart TV dan platform Blu-ray. Informasi ini disebar melalui pesan tertulis oleh Samsung kepada para pelangannya via email.

Jadi, mulai sekarang Samsung dipastikan hanya akan menawarkan utilitas gratis pada platform smart TV besutannya. Dalam hal ini raksasa elektronik tersebut menegaskan bahwa langkah itu tak akan mempengaruhi layanan video streaming yang selama ini cukup diminati para pengguna.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini