Sukses

Liam Tamne Tereliminasi, Kate Bush Kirim Surat Terbuka

Berbeda dengan gitaris Brian May, penyanyi Kate Bush ternyata menyukai ajang pencarian bakat bernyanyi The Voice Inggris. Penyanyi bersuara magis sekaligus musisi intrumentalis ini bahkan begitu menyayangkan ketika satu di antara kontestan The Voice UK, Liam Tamne, dipulangkan atau tereliminasi.

Berbeda dengan gitaris Brian May, penyanyi Kate Bush ternyata menyukai ajang pencarian bakat bernyanyi The Voice Inggris. Penyanyi bersuara magis sekaligus produser rekaman ini bahkan begitu menyayangkan ketika satu di antara kontestan The Voice UK, Liam Tamne, dipulangkan atau tereliminasi.

Seperti dilansir NME, Rabu (29/5/2013), Kate Bush menulis surat terbuka sebagai ungkapan dukungan terhadap Liam Tamne. Berikut cuplikan surat terbuka yang dimuat di laman resmi sang pelantun Wuthering Heights tersebut.

"Saya sedih melihat Liam tak dapat melalui babak The Voice pekan ini. Pasti sangat sulit bagi setiap kontestan untuk meninggalkan panggung pertunjukan. Namun Anda tak harus berkecil hati. Anda benar-benar memiliki bakat khusus dan seorang penyanyi yang fantastis. Anda sudah didengar dan dihargai oleh khalayak luas. Cobalah untuk tidak terlalu kecewa. Tetap semangat. Saya yakin bahwa Anda sebenarnya sangat bangga pada diri sendiri setelah melalui begitu banyak pencapaian. Semoga beruntung dengan semua proyek masa depan Anda. Berharap yang terbaik. Kate."

Liam Tamne sendiri adalah favorit untuk memenangi The Voice Inggris. Selama di The Voice, ia dilatih oleh Will.i.am. Hanya saja, keberuntungan memang tak berpihak padanya. Saat Battle Round pada Sabtu 25 Mei 2013, ia kalah bersaing dengan John Pritchard.

Tamne kemudian menanggapi postingan Bush dengan menulis di akun Facebook-nya. "Saya suka wanita ini. Begitu banyak dukungan ini adalah fantastis. Terima kasih Kate Bush..."

Sekadar informasi, seperti ditulis Wikipedia, Kate Bush yang kini genap berusia 54 tahun dikenal sebagai penyanyi, pencipta lagu, dan produser rekaman dari Inggris. Bush pernah meraih penghargaan Brit Awards dan sempat masuk nominasi Grammy Award.

Kate dikontrak EMI sewaktu berusia 16 tahun atas rekomendasi David Gilmour, salah satu personel band rock progresif Pink Floyd. Di usia 19, tepatnya pada 1978, Kate Bush memulai debutnya dengan single Wuthering Heights. Single tersebut menduduki tangga lagu Britania selama 4 pekan berturut-turut, sekaligus mencatat Kate Bush sebagai wanita penyanyi pertama yang menduduki puncak tangga lagu Britania dengan lagu ciptaan sendiri.

Kate Bush telah merilis sedikitnya 8 album, 3 di antaranya pernah menduduki puncak tangga album Britania. Single Kate Bush yang masuk ke urutan Top 10 Britania adalah Running Up That Hill, King of the Mountain, Babooshka, The Man with the Child in His Eyes, dan Don`t Give Up.

Kate Bush menjadi penyanyi pertama yang bernyanyi di atas panggung memakai mikrofon nirkabel dan headset selama konser pada 1979 yang merupakan satu-satunya tur keliling yang pernah dilakukannya.

Pada 1980, Kate Bush menjadi wanita penyanyi solo asal Inggris yang pertama kali menduduki puncak tangga album Britania dengan album Never for Ever. Kemampuan Kate Bush dalam mencipta lagu menghasilkan penghargaan Ivor Novello Awards untuk "Sumbangsih Luar Biasa bagi Musik Inggris" yang diterimanya pada 2002.

Setelah tidak merilis album selama 12 tahun, Kate Bush merilis album Aerial pada 2005. Album tersebut sukses di Inggris, dan masuk nominasi Brit Awards untuk Album Terbaik dan Artis Solo Wanita Terbaik.(Ans)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini