Sukses

Kaleidoskop: 6 Skandal dan Kasus Hukum Artis Indonesia di 2017

Selain kasus narkoba, skandal cinta terlarang juga cukup marak di kalangan artis Indonesia sepanjang 2017. Kami merangkumnya di kaleidoskop.

Liputan6.com, Jakarta - Tahun 2017 akan berakhir dan diganti dengan tahun baru 2018. Sejumlah kejadian penting yang melibatkan para artis di dunia showbiz Indonesia telah tercatat dalam catatan redaksi Showbiz Liputan6.com dan dirangkum dalam kaleidosokop.

Salah satu yang menarik perhatian adalah mengenai skandal dan kasus hukum artis Indonesia.

Soal kasus hukum, beritanya lebih didominasi dengan kasus narkoba di kalangan artis. Sejumlah artis ternama secara mengejutkan tertangkap aparat terkait pemakaian barang haram tersebut. Yang tambah mengejutkan, mereka ditangkap tidak saja sendiri, melainkan bersama sahabat dan keluarga.

Selain soal kasus narkoba artis, kasus skandal asmara berujung hukum pun tercatat telah terjadi di 2017. Ada beberapa kasus hukum artis Indonesia yang lain, yang telah dihimpun redaksi Showbiz Liputan6.com. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya di bawah ini:

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

1. Angela Lee

Nama Angela Lee mungkin tidak semua orang tahu. Maklum, wanita cantik kelahiran Semarang, 14 Maret 1987 ini lebih dikenal sebagai model dan presenter. Meski juga telah mengeluarkan single sebagai penyanyi, namun kariernya di dunia musik hampir tak pernah terdengar.

Namun, wanita berwajah oriental itu muncul dengan kabar mengejutkan pada awal November 2017. Angela Lee mengaku memiliki utang mencapai Rp 25 miliar. Gara-gara utang tersebut, Angela Lee dilaporkan ke polisi dan terancam masuk penjara.

Rupanya, utang tersebut bermula dari bisnis tas mewah yang dijalankan Angela Lee. Akar utang-utang yang menumpuk tersebut, diakui Angela Lee adalah kesalahannya yang teledor dalam perhitungan bisnisnya.

Dari tas yang tak terjual, Angela Lee mulai menimbun utang. Demi melunasi utang-utang tesebut, ia juga kemudian meminjam dari berbagai sumber. Atau istilahnya, gali lobang tutup lobang.

Selain karena utang tersebut, Angela Lee juga mengakui gaya hidupnya yang boros. Namun sialnya, di tengah panik menghadapi masalah utang, ia juga digugat cerai oleh sang suami di Pengadilan Negeri Semarang.

3 dari 7 halaman

2. Dewi Perssik

2017 mungkin menjadi tahun yang cukup manis bagi seorang Dewi Perssik. Selain kariernya yang cemerlang karena cukup sibuk sebagai bintang sinetron, Dewi Perssik juga baru saja menikah dengan seorang pria tampan yang juga sekaligus manajernya, Angga Wijaya.

Namun, Dewi Perssik rupanya memang tidak pernah jauh dari kasus. Pada 25 November 2017 lalu, Dewi Perssik dan Angga Wijaya bikin kasus karena menerobos jalur busway di kawasan Pejaten, Jakarta Selatan.

Tindakan Dewi Perssik dan Angga Wijaya yang menerobos jalur busway langsung dihentikan petugas portal Transjakarta bernama Harry MS. Dewi Perssik dan Angga sempat beradu mulut dengan Harry. Karena aksi Depe dan Angga, warga yang ada di sekitar lokasi kejadian kemudian meminta Dewi Perssik mundur dan keluar dari jalur busway.

Namun Dewi Perssik beralasan, ia masuk jalur busway karena tengah mengantar seorang asistennya yang mengalami sesak napas menuju Rumah Sakit Fatmawati. Pemilik Goyang Gergaji itu juga mengaku telah dikawal oleh petugas patwal dan mengaku diizinkan masuk jalur busway.

Namun pengakuan tersebut dibantah oleh pihak kepolisian. Menurut kepolisian, tidak ada anggotanya yang mengizinkan atau memperbolehkan Dewi Perssik masuk jalur busway.

Atas kasus ini, Dewi Perssik dilaporkan ke polisi oleh pihak TransJakarta. Sementara Dewi Perssik tak mau tinggal diam. Ingin kasus yang dihadapinya mendapatkan kejelasan, Dewi Perssik kemudian melaporkan Harry MS ke polisi. Hingga saat ini, kasus tersebut masih menunggu persidangan.

4 dari 7 halaman

Axel Matthew Thomas

2017 menjadi tahun yang cukup berat bagi Jeremy Thomas. Bagaimana tidak, putra Jeremy Thomas, Axel Matthew Thomas, ditangkap polisi pada 15 Juli 2017. Matthew, begitu ia disapa, dituduh melakukan transaksi narkoba jenis Happy Five atau H5.

Awalnya, Jeremy Thomas tak percaya putranya melakukan transaksi narkoba. Ia yakin, Matthew mentransfer sejumlah uang ke rekening seseorang untuk membeli baju, bukan narkoba.

Jeremy Thomas juga tak terima putranya mengalami penyekapan dan pemukulan oleh aparat. Ia kemudian melaporkan petugas kepolisian ke Propam Mabes Polri. Ia juga menuduh adanya konspirasi antara pihak hotel tempat Matthew disekap dengan oknum polisi.

Matthew sempat dilepas polisi dan menjalani perawatan di sebuah rumah sakit. Namun pada 18 Juli 2017 malam, polisi meminta Matthew menjalani BAP di Polres Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, dan kemudian polisi menetapkan Matthew sebagai tersangka.

Dalam persidangan, Matthew akhirnya mengakui telah melakukan transaksi narkoba. Ia juga mengakui telah menggunakan narkoba jenis happy five.

Majelis hakim kemudian memvonis Axel Matthew Thomas dengan hukuman 4 bulan penjara. Tak sampai sebulan divonis, Matthew menghirup udara bebas dan ia pun langsung tampil di televisi bersama ayah dan ibunya untuk pertama kali, pada 20 November 2017.

 

5 dari 7 halaman

4. Kasus Narkoba Tora Sudiro dan Mieke Amalia

Rumah tangga Tora Sudiro dengan Mieke Amalia jauh dari gosip. Namun pada pada 3 Agustus 2017, media di Tanah Air dikejutkan dengan tertangkapnya Tora Sudiro dan Mieke Amalia karena kasus narkoba.

Ya, pasangan yang menikah pada 2009 lalu itu ditangkap setelah polisi menggeledah kediaman mereka di Lebak Bulus, Jakarta Selatan dan menemuka pil dumolid sebanyak 30 butir.

Namun setelah sehari menjalani pemeriksaan, Mieke Amalia diizinkan pulang oleh polisi. Alasannya, Mieke hanya sebagai pemakai. Sedangkan Tora masih harus menjalani pemeriksaan.

Dari keterangan polisi yang diperoleh selama pemeriksaan, Tora Sudiro sudah setahun terakhir memakai dumolid. Tora dan Mieke menggunakan dumolid karena susah tidur. Tora sendiri mengaku memiliki sindrom Tourette dan salah satu pertolongannya dengan meminum dumolid.

Setelah lima hari menjalani penahanan di Polres Jakarta Selatan, Tora Sudiro akhirnya direhabilitasi di Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) Cibubur, Jakarta Timur.

Pada 14 Agustus, Tora Sudiro akhirnya dibebaskan. Penangguhan penahanannya dikabulkan Polres Jakarta Selatan. Mengenakan kemeja kotak-kotak, Tora Sudiro keluar dari RSKO Cibubur didampingi kuasa hukumnya, Lydia Wongso. Terlihat juga Kasat Narkoba Polres Metro Jakarta Selatan, Kompol Vivick Tjangkung ikut menyertai kepulangan Tora Sudiro.

Usai bebas, Tora Sudiro langsung disibukkan dengan promosi film terbarunya, Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss Part 2.

6 dari 7 halaman

5. Kasus Narkoba Tio Pakusadewo

Di Penghujung 2017, dunia showbiz Indonesia dikejutkan dengan tertangkapnya aktor senior Tio Pakusadewo. Aktor berusia 54 tahun itu ditangkap polisi karena kasus narkoba di kediamannya di kawasan Jakarta Selatan pada 19 Desember 2017.

Dalam penangkapan, polisi mengamankan narkoba jenis sabu seberat 1,06 gram dan bong (alat hisap sabu).

Dalam konfrensi pers yang digelar Polda Metro Jaya pada 22 Desember lalu diketahui kalau bintang film The Raid 2: Berandal itu sudah 10 tahun terakhir menjandi pecandu narkoba.

Tertangkapnya Tio Pakusadewo cukup mengejutkan, khususnya bagi teman seprofesi, seperti Wulan Guritnya dan Indro Warkop. Apalagi, Tio Pakusadewo selama ini dikenal sebagai aktor yang cemerlang, dengan kemampuan aktingnya yang tak perlu diragukan lagi.

Dalam konfrensi pers, Tio Pakusadewo sendiri mengaku menyesal dan meminta maaf. Ia pun sadar dirinya tak patut menjadi contoh.

"Saya bersalah dan menyesali apa yang sudah terjadi. Saya juga sekaligus mengajak siapapun yang masih menggunakan narkoba untuk segera berhenti. Saya adalah contoh, contoh (orang) yang tidak perlu diikuti dan tidak perlu diulangi lagi. Terima kasih," tuturnya.

Tertangkapnya Tio Pakusadewo juga menambah panjangnya kasus artis yang terjerat narkoba. Sebelumnya, di 2017 juga beberapa artis harus berurusan hukum karena kasus narkoba seperti Pretty Asmara, Marcello Tahitoe alias Ello, Iwa K, Ridho Rhoma, Andhika The Titans, dll.

 

7 dari 7 halaman

6. Jennifer Dunn

Menyebut nama Jennifer Dunn, orang pasti akan ingat dengan segala kontroversi daripada prestasinya. Setelah terjerat kasus narkoba dan dugaan menerima uang korupsi dari Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan, Jennifer Dunn kembali bikin berita menghebohkan.

Kali ini, Jennifer Dunn dituduh merebut Faisal Harris, yang merupakan istri sah dari Sarita Abdul Mukti.

Sebenarnya, dugaan Jennifer Dunn menjadi orang ketiga rumah tangga Faisal Harris-Sarita Abdul Mukti sudah santer terdengar sejak Maret 2017. Saat itu, sebuah akun Instagram gosip mengungkap kedekatan Faisal dan Jennifer Dunn.

Kemudian pada April 2017, Sarita Abdul Mukti mengakui kepada media kalau suaminya punya hubungan gelap dengan Jennifer Dunn. Karena Jennifer Dunn, rumah tangga Faisal-Sarita pun goyah. Atas permintaan Faisal, Sarita tinggal di Australia sedangkan sang suami tinggal di Jakarta.

Namun kejadian menghebohkan terjadi pada pertengahan November 2017. Sebuah akun Instagram gosip mengunggah video putri Faisal dan Sarita, Shafa Harris, yang tengah melabrak Jennifer Dunn di sebuah pusat perbelanjaan di Jakarta.

"I hate you so much. Why you take my father away from me? (Aku benci kamu. Kenapa kamu membuatku jauh dari ayahku)," teriak Shafa Harris di video tersebut.

Seketika, video tersebut pun menjadi viral. Sementara Shafa mendapat dukungan dari banyak pihak seperti Nikita Mirzani, Nafa Urbach hingga Komisi Anak. Sementara Jennifer Dunn mendapat banyak hujatan dari masyarakat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini