Sukses

Film tentang Wiji Thukul Raih Penghargaan di Bulgaria

Film yang bercerita tentang pelarian Wiji Thukul, Istirahatlah Kata-Kata, dianggap bisa ikut direfleksi oleh penonton dari bangsa lain.

Liputan6.com, Sofia Film Istirahatlah Kata-Kata yang mengangkat kisah hidup penyair Wiji Thukul baru saja meraih prestasi di kancah internasional. Film ini mendapat penghargaan Festival Film Internasional Love is Folly di Kota Varna, Bulgaria, yang digelar hingga 3 September 2017 lalu.

Dilaporkan Antaranews baru-baru ini, Sekretaris Pertama Pensosbud KBRI Sofia Nurul Sofia menyebutkan bahwa penghargaan yang diterima Istirahatlah Kata-Kata ini, adalah penghargaan tertinggi kedua setelah Grand Prix Award.

Dalam festival ini, ada 102 film dari berbagai negara yang diputar. Sinema dari Tanah Air sendiri, ditampilkan dalam sebuah segmen khusus bertajuk "Indonesian Panorama". Film yang diputar antara lain Nokas, Athirah, Salawaku, Aisyah Biarkan Kami Bersaudara, dan Kejarlah Daku Kau Kutangkap.

Sekar Ayu Asmara, kurator dari Pusat Pengembangan Perfilman Kemendikbud, punya alasan kuat untuk memilih film yang disutradarai oleh Yosep Anggi Noen itu sebagai film yang dikirim dalam kompetisi ini. Yakni, karena cerita Wiji Thukul dapat terjadi pada siapa saja, sehingga wakil dari bangsa lain pun bisa merefleksikan isi ceritanya.

Sementara itu Duta Besar RI untuk Bulgaria, Sri Astari Rasjid, mengaku bangga atas prestasi sineas Indonesia. Ia berharap ke depannya film Tanah Air lainnya dapat diputar di Balkan sebagai salah satu sarana untuk mendukung promosi Indonesia. (ANTARA)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.