Sukses

Keren, 10 Band dan Penyanyi Bawakan Lagu Nasional Secara Akustik

Menyambut HUT RI ke-72, simak deretan musikus Tanah Air yang pernah membawakan lagu kebangsaan di Akustik Plus Liputan6.com.

Liputan6.com, Jakarta - Tak terasa perayaan kemerdekaan Republik Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus segera tiba.  Dan eforia merayakan HUT RI  ke-72 biasanya dirasakan masyarakat dengan di antaranya menikmati lagu-lagu nasional. Termasuk beberapa band indie dan juga grup musik terkenal Tanah Air.

Saat berkunjung ke Liputan6.com dalam rangka mengisi program Akustik Plus, mereka dengan senang hati menyanyikan lagu kebangsaan pilihan masing-masing, selain bawakan single hit karya sendiri. 

Grup Band Papinka saat memegang piala di SCTV Tower, Jakarta, (26/01). (Liputan6.com/Helmi Afandi)

Beberapa dari mereka malah mengaransemen ulang lagu-lagu wajib nasional pilihan dengan gaya masing-masing. Sesuai dengan judul acara, mereka membawakannya secara akustik. 

Ternyata, lagu-lagu nasional itu begitu asyik dibawakan anak-anak band dan penyanyi generasi milenial itu. Lirik lagu nasional itu, diakui mereka, masih sangat kontekstual dinikmati sampai kapanpun.  Karena lagu nasional tidak selalu harus hadir hanya di ruang kelas atau di perayaan kemerdekaan hingga upacara formal.

Tapi, lagu nasional menjadi kebanggaan generasi milenial juga. Lalu siapa saja penyanyi serta band yang tampil apik di atas panggung Akustik Plus saat membawakan lagu-lagu kebangsaan nasional?

Menyambut HUT RI ke-72, simak deretannya berikut ini.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 11 halaman

Armada - Rayuan Pulau Kelapa

Armada yang kini tengah naik daun, menunjukkan rasa nasionalisme dengan membawakan "Rayuan Pulau Kelapa" ciptaan Ismail Marzuki. Di sini, band yang digawangi Rizal (vokal), Mai (gitar), Radha (gitar), Andit (drum) dan Endra (bass) ini, membawakannya dengan penuh penghayatan dan komposisi musik yang menggugah.

 

3 dari 11 halaman

Takaeda - Satu Nusa Satu Bangsa

Mantan vokalis Drive, Takaeda, belakangan kerap berpindah ke jalur musik religi. Namun begitu, ia tetap keren membawakan lagu kebangsaan dengan penuh rasa. Lihat saja penampilannya dalam "Satu Nusa Satu Bangsa" yang diciptakan L. Manik.

 

4 dari 11 halaman

Rifan Kalbuadi - Tanah Airku

Penyanyi muda Rifan Kalbuadi dengan berani bereksperimen lewat lagu "Tanah Airku". Hanya dengan sebuah gitar, ia mampu mendendangkan lagu ciptaan Ibu Sud tersebut dengan penuh penghayatan.

 

5 dari 11 halaman

Asbak Band - Indonesia Pusaka

Aliran pop Melayu tak membuat Asbak Band larut dengan genre musik tersebut, terutama ketika mereka membawakan lagu kebangsaan. Itu terbukti ketika mereka membawakan lagu "Indonesia Pusaka", ciptaan Ismail Marzuki. Alunan suara sang vokalis, Reka, juga terdengar khas.

 

6 dari 11 halaman

Papinka - Tanah Airku

Sebagai salah satu beraliran pop Melayu yang namanya telah dikenal di luar Indonesia, Papinka membawakan "Tanah Airku" dengan gaya mereka. Uniknya, saat membawakan lagu ini, Chevra dan kawan-kawannya lebih bereksplorasi tanpa harus terbawa oleh ciri khas Melayu.

7 dari 11 halaman

The Kribo - Ibu Kita Kartini

Rasa kagum The Kribo terhadap pahlawan nasional wanita kita, Raden Ajeng Kartini, ditunjukkan oleh mereka dengan membawakan "Ibu Kita Kartini" karangan W.R. Supratman. Uniknya, band yang beranggotakan Riyo (Vokal), Jamal (Bass), Yugo (Rythem), Wendi (Guitar), dan Faisal (Drum) ini membawakannya dengan irama upbeat.

 

8 dari 11 halaman

ST12 - Tanah Airku

Memiliki vokalis baru bernama Zai, ST12 lebih berkarakter. Meskipun dengan instrumen gitar dan bass yang dimainkan Pepep dan Indra, band asal Bandung ini terdengar lebih berkarakter dan berbeda dari penyanyi atau grup lain yang membawakan lagu yang sama di panggung Akustik Plus.

9 dari 11 halaman

Fyan Ahmad - Garuda Pancasila

Rasa nasionalisme yang sangat besar ditunjukkan oleh pencipta lagu sekaligus penyanyi solo Fyan Ahmad dengan membawakan lagu Garuda Pancasila. Meskipun hanya diiringi oleh sebuah gitar, Fyan tetap semangat membawakan lagu gubahan Sudharnoto itu.

 

10 dari 11 halaman

Hot Tea - Bangun Pemuda Pemudi

Konsep duet yang diusung oleh Hot Tea justru menjadi satu hal yang ampuh kala mereka membawakan lagu wajib nasional. Terbukti ketika duet yang terdiri dari Titi dan Ho ini membawakan "Bangun Pemuda Pemudi" gubahan Alfred Simanjuntak, dengan perpaduan dua vokal yang menimbulkan kesan patriotik.

 

11 dari 11 halaman

Aulia Cipta - Bagimu Negeri

Penyanyi wanita muda Aulia Cipta tak hanya piawai dalam membawakan lagu-lagunya sendiri maupun lagu masa kini. Ia juga mampu menghayati lagu kebangsaan ciptaan Kusbini, "Bagimu Negeri" hingga terdengar lebih meresap ke hati.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.