Sukses

Fans Ekstremis Menguntit Wanna One, Agensi Beri Peringatan

Popularitas Wanna One memacing kemunculan sasaeng.

Liputan6.com, Seoul - Wanna One, boyband K-Pop baru yang dibentuk lewat ajang survival show Produce 101 Season 2, memang belum debut secara resmi. Namun grup yang beranggotakan 11 cowok ini telah meroket berkat acara televisi yang diproduksi MNet tersebut.

Sayang popularitas mereka ikut memancing sasaeng—sebutan bagi fans K-Pop yang bertingkah ekstrem—untuk menguntit Wanna One.

Para sasaeng ini dikabarkan menguntit aktvitas personel Wanna One. Sekitar 40-50 sasaeng disebut-sebut menunggu para anggota Wanna One di luar asrama mereka. Saat mobil yang mengangkut anggota Wanna One tiba di kantor YMC Entertainment—agensi yang menaungi mereka—para sasaeng ini juga merangsek dan menyulitkan pergerakan Kang Daniel dan kawan-kawan.

Tak ingin hal ini berlarut-larut, YMC Entertainment lantas mengeluarkan peringatan awal bagi para sasaeng ini.

"Pertama-tama kami sangat mengkhawatirkan keselamatan personel Wanna One, karena para penggemar memaksa untuk menyentuh, berbicara, mengambil foto bersama mereka, dan melakukan sejumlah hal lain, meski telah dilarang oleh petugas kami," tulis juru bicara YMC Entertainment, seperti dilansir dari Soompi, Rabu (28/6/2017).

Tak hanya merugikan anggota Wanna One, tingkah para sasaeng ini juga berimbas negatif pada kafe yang terletak di bawah kantor YMC Entertainment.

"Kafe di lantai satu tak memiliki kaitan dengan agensi. Namun karena keributan yang ditimbulkan fans, kafe dan lingkungan di sekitarnya ikut terkena dampaknya, sehingga hal ini membuat kami berada dalam posisi sulit."

Alhasil, YMC Entertainment meminta penggemar meredam keinginan mereka untuk bertemu Wanna One di luar jadwal resmi yang diumumkan agensi tersebut.

"Kami meminta dengan sangat agar para penggemar menahan diri untuk mengunjungi agensi kami, tempat tinggal para anggota, tempat latihan mereka, dan agar fans tidak menguntit Wanna One pada aktivitas yang tidak diumumkan ke hadapan publik."

Pernyataan YMC Entertainment ini disambut baik oleh para penggemar Wanna One. Namun tak sedikit warganet Korea yang merasa perlu diambil tindakan lebih keras terhadap para sasaeng ini.

"Tolong tingkatkan petugas keamanan, dan katakan pada anggota Wanna One untuk benar-benar menghiraukan para sasaeng ini. Akan lebih baik bila kalian menyiarkan nama sasaeng ini di kafe resmi (fanclub) dan blokir mereka dalam kegiatan klub seperti yang dilakukan RBW Entertainment," tutur seorang warganet seperti dimuat dalam Kpople.

"Sasaeng bukan penggemar, mereka penguntit...Tolong lindungi para anggota Wanna One sebaik mungkin. Kalian harus membuka identitas para sasaeng ini dan larang mereka menghadiri konser atau aktivitas resmi lain," tulis penggemar lain.

Sementara itu, seperti sudah diberitakan sebelumnya, Wanna One dikabarkan akan debut secara resmi pada 7 Agustus mendatang—meski hal ini belum dikonfirmasi secara resmi oleh YMC Entertainment.

Saat ini, para personel Wanna One tengah disibukkan oleh syuting dan pengambilan gambar sejumlah iklan. Mereka juga sedang mempersiapkan konser perpisahan Produce 101 Season 2 yang akan digelar pada 1 dan 2 Juli mendatang.

Simak juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.