Sukses

Seleb Dunia Bereaksi Keras soal Teror di Masjid London

Seorang pria menabrakkan van yang ia kendarai kepada pejalan kaki di sebuah masjid di London, Inggris.

Liputan6.com, London - Kejadian memilukan terjadi susul menyusul di London, Inggris. Setelah peristiwa penyerangan di London Bridge dan kebakaran di apartemen Grenfell Tower, kini terjadi peristiwa teror van di London.

Seperti diberitakan sebelumnya, pada Minggu (19/6/2017) malam waktu setempat, seorang pria bernama Darren Osborne menabrakkan van yang ia kendarai pada pejalan kaki di Seven Sisters Road. Satu orang tewas dan 10 lainnya luka-luka atas kejadian ini.

Lokasi kejadian perkara hanya berjarak sekitar 100 meter dari masjid Finsbury Park. Para korban, adalah jamaah yang baru saja melaksanakan ibadah di masjid tersebut. Sejumlah saksi mata menyebut pelaku sempat berteriak ia ingin membunuh para muslim.

Peristiwa ini, memancing kemarahan para selebritas dunia, terutama yang berasal dari Inggris. Penulis Harry Potter, JK Rowling, misalnya. Ia memandang penyerangan di London tersebut terjadi karena pemberitaan media selama ini yang memberikan stereotip pada muslim.

"Coba kita bicarakan bagaimana teroris #FinsburyPark diradikalisasi," cuitnya dalam akun Twitter pribadi miliknya. Ia juga memperlihatkan cuitan politisi anti-imigran Nigel Farage yang isinya seolah menyebut bahwa peristiwa ini akan memancing reaksi balasan dari para imigran.

Tak hanya JK Rowling, aktris Game of Thrones Maisie Williams juga mengungkapkan kemarahannya. Terutama, pada pemberitaan media yang awalnya tak menganggap bahwa ini adalah peristiwa teror.

"Marah besar membaca tentang peristiwa teror di London. Kuharap kritik atas pemberitaan ini memberi kita pelajaran," tulisnya.

Sementara itu Riz Ahmed, rapper muslim Inggris mengkritik tendensi media Inggris dalam memberitakan peristiwa teror.

"Saat ada orang muslim gila yang membunuh, itu adalah TEROR MUSLIM. Tapi saat muslim menyelamatkan nyawa di Grenfell, mana judul berita PAHLAWAN MUSLIM? Lalu saat non-muslim menembak politisi Amerika atau menabrakkan van ke orang-orang muslim, mengapa tak disebut sebagai TERORISME?" tulisnya di akun Twitter miliknya, @rizmc.

Selain mereka , beberapa seleb lain yang menyuarakan kemarahan antara lain Lily Allen, aktor dan komedian Amerika Serikat Kumail Nanjiani, serta YouTuber kondang Caspar Lee.

Tak hanya ungkapan kemarahan, terselip juga pujian yang dilontarkan JK Rowling kepada imam masjid di London ini yang melindungi pelaku teror dari amukan massa.

"Sebuah tindakan bermartabat dan keberanian yang luar biasa ini telah membuatku menangis pagi ini. Semoga imam ini mendapat pengakuan yang pantas ia terima," tutur JK Rowling.

Saksikan juga video menarik berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.