Dalami Peran, Artis Cilik Surat Kecil untuk Tuhan Turun ke Jalan

Oleh Istihanah Soejoethi pada 19 Mei 2017, 23:00 WIB
Surat Kecil Untuk Tuhan (SKUT)

Liputan6.com, Jakarta Fajar Bustomi, sutradara film Surat Kecil Untuk Tuhan mengaku memiliki cara sendiri untuk syuting dengan dua bintang cilik di film tersebut, yakni Izzati Khansa dan Bima Azriel. 

Maklum saja, usia Izzati dan Bima terbilang masih sangat muda, yakni enam dan sepuluh tahun. 

 

Sutradara Film Surat Kecil Untuk Tuhan, Fajar Bustomi saat berkunjung ke kantor Liputan6.com di SCTV Tower, Jakarta, Kamis (18/5). (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

"Syuting bareng anak-anak itu kan enggak mudah. Jadi untuk menyiasatinya kami buat persiapan dulu selama tiga bulan," jelas Fajar Bustomi kepada Liputan6.com saat ditemui di SCTV Tower, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (18/5/2017).

"Kami itu sampai ajak mereka untuk datang dan berbagi dengan anak jalanan. Kami juga mengajak mereka untuk turun ke lampu merah di Pasar Rebo dan Karet," imbuhnya.

Hal tersebut dilakukan lantaran sutradara ingin para pemain cilik ini mendalami perannya. Karena karakter melankolis yang dimainkan keduanya ini tidaklah mudah untuk diperankan. Terutama karena perbedaan latar belakang para pemainnya di kehidupan nyata dan peran yang mereka mainkan. 

"Mereka itu kan anak-anak yang masih punya orangtua dan juga hidup di tempat yang nyaman. Sementara peran yang mereka mainkan adalah anak yatim piatu yang tinggal di jalanan, jadi kami harus membuat mereka terbiasa dengan perannya itu," terangnya.

Ada lagi satu 'jurus' Fajar Bustomi yang ia lakukan demi menarik emosi Izzati Khansa saat di lokasi syuting. Ia kerap pura-pura bersitegang dengan sang asisten sutradara, Andreas. "Karena Caca itu kalau lihat orang marah-marah dia bisa langsung nangis karena ketakutan dan itu sudah diberi tahu oleh ibunya juga," terang Fajar Bustomi.

Langkahnya ini ternyata cukup jitu. "Om Andreas galak," ujar Izzati Khansa yang biasa dipanggil Caca ini, disambut gelak tawa Fajar Bustomi dan aktor utama film ini, Joe Taslim.

 

Pemain Film Surat Kecil Untuk Tuhan, Izzati Khansa saat berkunjung ke kantor Liputan6.com di SCTV Tower, Jakarta, Kamis (18/5). (Liputan6.com/Fatkhur Rozaq)

Selain Caca, pemain lainnya Bima pemeran kakak dari Angel juga membuat para kru kagum dengan kemampuan aktingnya. Maklum saja, aktor berusia 10 tahun ini memang sudah punya jam terbang yang lumayan. Ia telah bermain di beberapa film Indonesia, seperti Dibalik 98 dan Rudy Habibie.