Kebetulan Atau Plagiat? Musik K-Pop Ini Mirip dengan Lagu Barat

Oleh Desika Pemita pada 18 Mei 2017, 00:00 WIB
TaeTiSeo Tampil Seksi Saat Jadi Model

Liputan6.com, Jakarta Hallyu Wave berupa musik K-Pop mulai berkuasa di dunia hiburan. Padahal, lagu K-Pop rata-rata menggunakan Hangul atau bahasa Korea.

Banyak yang menyebutkan, lagu atau musik yang menyatukan semua orang yang berbeda bahasa dan budaya.

Namun saat didengarkan dengan teliti, beberapa lagu K-Pop yang belum lama ini terdengar memiliki kemiripan dengan lagu barat.

Akhirnya, penikmat musik menduga itu hasil sontekan. Lagu K-Pop apa saja yang dianggap plagiat?

1 of 6

Girls Generation

Party, lagu milik Girls Generation rilis 2015 silam, ada di album Lion Heart. Lagu ini merupakan kembalinya Girls Generation di industri K-Pop setelah Jessica Jung hengkang.

Girls Generation dalam Party (SM Entertainment)

Namun saat didengarkan lebih teliti, di beberapa bagian, khususnya reff, lagu ini mirip dengan "California Gurls" (2010) yang dinyanyikan Katy Perry. Tekanan melodi dan kata "Party" dan "California Gurls" di lagu yang sangat terasa.

2 of 6

TVXQ

TVXQ dalam lagu "Mirotic" membuat penggemar setianya jatuh cinta, dirilis 2009 silam. Lagu ini bernuansa melodi nge-dance. dan terasa harmonisasi vokal personel TVXQ yang saat itu masih lima orang, Junsu, Yoochun, Jaejoong, Yunho dan Changmin.

TVXQ (Weiboo)

Sayangnya, lagu yang dinyanyikan TVXQ ini diduga mirip dengan karya yang dilantunkan Sarah Connor. Dengan judul "Sexy As Hell" yang rilis 2008 silam. Dari awal lagu "Mirotic" hingga akhir, semuanya terdengar mirip. Bahkan, penekanan kalimat "Under My Skin".

3 of 6

EXID

Lagu yang dinyanyikan EXID berjudul "Ah Yeah" memang membuat girlband ini menjadi nominee di Mnet Asian Music Award. Lagu dengan nuansa dance itu membuat penikmat musik ikut terhibur.

EXID (Weiboo)

Namun setelah didengar lebih jelas, lagu ini lebih mirip karya The Black Eyed Peas, "My Hump" yang rilis 2005 silam. Ritme dan dalam lagu "Ah Yeah" dan 'My Humps" memiliki kesamaan.

4 of 6

Shinhwa

Bahkan, boyband senior Shinhwa juga tak luput dari tuduhan plagiat. Lagu "Venus" yang dinyanyikan Shinhwa dirilis 2012 silam, ada di album The Return.

Shinhwa (Soompi)

Lagu dengan nuansa R&B yang dicampur dengan nuansa elektrik ini terdengar seperti musik Taio Cruz yang rilis 2009 silam, "Break Your Heart". 

5 of 6

Taeyeon

Personel Girls Generation dengan kemampuan vokal mumpuni ini juga terkena tuduhan menyontek. Single solonya, "I" sukses besar, tapi disebut-sebut mirip dengan "Out of the Wood" milik Taylor Swift. Lagu "I" rilis 2015 silam. Sementara, "Out of the Wood" satu tahun sebelumnya yaitu 2014.

Taeyeon `Girls Generation`

Dua lagu tersebut sama-sama menampilkan kemampuan vokal penyanyinya. Bukan melodi musiknya yang terdengar mirip, melainkan beberapa ritme lagunya yang dianggap nyaris sama.

Lanjutkan Membaca ↓
elafitrielafitri

mungkin secara kebetulan kali ya mirip sama lagu barat

santihsantih

banyak ya lagu k-pop yang mirip lagu barat, tapi lagu lain juga banyak sih yang mirip2

Muhammad HariantoMuhammad Harianto

Bisa kebetulan. Kalau dicari terus menerus pasti ada kesamaan dari suatu lagu dengan lagu yang lainnya.

Lihat Lainnya