Sukses

Kebetulan Atau Plagiat? Musik K-Pop Ini Mirip dengan Lagu Barat

Beberapa lagu ini terdengar memiliki persamaan, makanya penikmat musik menduga itu hasil sontekan.

Liputan6.com, Jakarta Hallyu Wave berupa musik K-Pop mulai berkuasa di dunia hiburan. Padahal, lagu K-Pop rata-rata menggunakan Hangul atau bahasa Korea.

Banyak yang menyebutkan, lagu atau musik yang menyatukan semua orang yang berbeda bahasa dan budaya.

Namun saat didengarkan dengan teliti, beberapa lagu K-Pop yang belum lama ini terdengar memiliki kemiripan dengan lagu barat.

Akhirnya, penikmat musik menduga itu hasil sontekan. Lagu K-Pop apa saja yang dianggap plagiat?

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Girls Generation

Party, lagu milik Girls Generation rilis 2015 silam, ada di album Lion Heart. Lagu ini merupakan kembalinya Girls Generation di industri K-Pop setelah Jessica Jung hengkang.

Girls Generation dalam Party (SM Entertainment)

Namun saat didengarkan lebih teliti, di beberapa bagian, khususnya reff, lagu ini mirip dengan "California Gurls" (2010) yang dinyanyikan Katy Perry. Tekanan melodi dan kata "Party" dan "California Gurls" di lagu yang sangat terasa.

3 dari 6 halaman

TVXQ

TVXQ dalam lagu "Mirotic" membuat penggemar setianya jatuh cinta, dirilis 2009 silam. Lagu ini bernuansa melodi nge-dance. dan terasa harmonisasi vokal personel TVXQ yang saat itu masih lima orang, Junsu, Yoochun, Jaejoong, Yunho dan Changmin.

TVXQ (Weiboo)

Sayangnya, lagu yang dinyanyikan TVXQ ini diduga mirip dengan karya yang dilantunkan Sarah Connor. Dengan judul "Sexy As Hell" yang rilis 2008 silam. Dari awal lagu "Mirotic" hingga akhir, semuanya terdengar mirip. Bahkan, penekanan kalimat "Under My Skin".

4 dari 6 halaman

EXID

Lagu yang dinyanyikan EXID berjudul "Ah Yeah" memang membuat girlband ini menjadi nominee di Mnet Asian Music Award. Lagu dengan nuansa dance itu membuat penikmat musik ikut terhibur.

EXID (Weiboo)

Namun setelah didengar lebih jelas, lagu ini lebih mirip karya The Black Eyed Peas, "My Hump" yang rilis 2005 silam. Ritme dan dalam lagu "Ah Yeah" dan 'My Humps" memiliki kesamaan.

5 dari 6 halaman

Shinhwa

Bahkan, boyband senior Shinhwa juga tak luput dari tuduhan plagiat. Lagu "Venus" yang dinyanyikan Shinhwa dirilis 2012 silam, ada di album The Return.

Shinhwa (Soompi)

Lagu dengan nuansa R&B yang dicampur dengan nuansa elektrik ini terdengar seperti musik Taio Cruz yang rilis 2009 silam, "Break Your Heart". 

6 dari 6 halaman

Taeyeon

Personel Girls Generation dengan kemampuan vokal mumpuni ini juga terkena tuduhan menyontek. Single solonya, "I" sukses besar, tapi disebut-sebut mirip dengan "Out of the Wood" milik Taylor Swift. Lagu "I" rilis 2015 silam. Sementara, "Out of the Wood" satu tahun sebelumnya yaitu 2014.

Taeyeon `Girls Generation`

Dua lagu tersebut sama-sama menampilkan kemampuan vokal penyanyinya. Bukan melodi musiknya yang terdengar mirip, melainkan beberapa ritme lagunya yang dianggap nyaris sama.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini