Sukses

Prediksi Juara D'Academy 4: Fildan Rahayu

Fildan sejak awal sempat mendapat cibiran karena hanya bisa menyanyikan lagu India.

Liputan6.com, Jakarta Dangdut Academy 4 atau D'Academy 4 kini telah memasuki babak akhir. Setelah empat bulan menjalani ketatnya kompetisi, dua akademia pun sudah terpilih menjadi yang terbaik dan layak masuk Grand Final.

Salah satu yang menjadi harapan Fildan saat tampil pada Top 4 Besar malam ini. Kalau sebelumnya dikejutkan kehadiran ayahnya, Suryadi, pada konser 4 besar, ia berharap anak serta istrinya bisa menyaksikan secara langsung. (Adrian Putra/Bintang.com)

Fildan (Bau Bau) dan Putri (Balikpapan) mampu mengalahkan para pesaingnya sejak masing-masing berada di grup awal yaitu Top 35. Keduanya kerap memuncaki klasemen berkat penampilan spektakuler hingga akhirnya kini bertemu di pertarungan klimaks kompetisi.

Malam Puncak Konser Grand Final sendiri akan berlangsung Jumat (12/5/2017) malam ini.

Lantas, bagaimana persaingan antara dua grand finalis di Konser Grand Final besok? Siapakah yang akan jadi juara? Berikut prediksi kami untuk peluang keduanya juga progres mereka di sepanjang kompetisi. Yang pertama adalah untuk Fildan. Bagaimana sepak terjangnya di D'Academy 4?


Fildan Rahayu (Bau Bau)

Langsung dijuluki sebagai Arijit Singh-nya Indonesia usai tampil menawan di babak audisi Makassar, Fildan yang saat itu menyanyikan lagu "Tum Hi Ho" milik penyanyi laris India tersebut pun dengan mudah langsung jadi pujaan pemirsa setia D'Academy 4.

Hampir semua penampilan Fildan mulus, nyaris tak ada yang gagal memikat hati. Para juri pun tak segan memberi standing ovation pada pria kelahiran Bakala, 27 September 1991 tersebut. Di awal, Fildan sempat mendapat cibiran karena dianggap hanya bisa bernyanyi lagu India saja. Namun kini kritikan tersebut berbalik jadi pujian.

Pasalnya, Fildan ternyata mampu menaklukan lagu dangdut lainnya. Ia pun membuktikan kualitas vokalnya tetap terjaga di jenis lagu apapun. Di balada yang jadi 'makanannya' maupun genre rockdut alias rock-dangdut, Fildan juga sukses selalu tampil spektakuler.

Tak hanya vokalnya yang merdu dan tanpa cacat, serta kemampuannya berghazal yang tak dimiliki akademia lainnya, Fildan menyempurnakan aksi panggungnya dengan kepiawaian dalam bermain alat musik. Dari gitar kesayangan yang tak pernah absen mengiringi setiap penampilannya, Fildan juga jago memainkan suling, bass, dan piano.

Fildan sebenarnya memiliki latar belakang sebagai anak band. Uniknya, posisinya di band bernama ZBand adalah gitaris. Untuk keahliannya bermain gitar, Fildan bahkan kerap memenangi banyak penghargaan. Di antaranya The Best Gitaris Se-Kota Bau Bau (2008).

Selain itu, Fildan juga pernah mendapat gelar Juara 1 Festival Rock Bau Bau bersama ZBand (2010), Juara 1 Bintang Radio Republik Indonesia tingkat Sulawesi Tenggara (2013). Jauh sebelumnya, Fildan juga pernah mendapat Juara 1 Lomba Adzan Tingkat SMA Negeri 3 Bau Bau.

Dangdut Academy 4 (Final 5 Besar) (Adrian Putra/bintang.com)

Bisa dibilang Fildan memang jadi lawan yang berat bagi Putri. Dari grafik progresnya, Fildan terlihat menguasai beragam genre lagu, stage act, karakter bernyanyi, dan penghayatan. Belakangan, Fildan bahkan sering memamerkan keahliannya menari. Didukung SMS yang selalu berada di posisi pertama, jika tak terpeleset, Fildan Rahayu rasanya akan mudah merebut gelar juara D'Academy tahun ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.