Sukses

Pamer Foto Melanggar Peraturan, Djenar Maesa Ayu Dikritik Habis

Djenar Maesa Ayu memang terkenal sebagai seniman yang berani mengekspresikan diri.

Liputan6.com, Jakarta - Penulis sekaligus aktris Djenar Maesa Ayu, memang terkenal sebagai seniman yang berani mengekspresikan diri lewat karya. Tak hanya itu, ia juga tak takut mengungkap jati dirinya melalui foto-foto yang diunggah ke laman Instagram pribadinya.

Salah satu foto yang paling menarik perhatian, diunggah baru-baru ini. Dalam foto itu, perempuan 44 tahun yang akrab disapa Nai itu terlihat berpose di sebuah tiang dengan tanda "dilarang merokok".

Djenar Maesa Ayu. Foto: Instagram (@djenarmaesaayu)

Djenar Maesa Ayu tampak tengah merokok, tepat di depan tanda tersebut, seakan menantang sang pemberi peraturan. Keterangan foto pun tak kalah kontroversial, "Ya, petugas, aku melihat tanda dilarang merokok, tapi aku tidak melihatmu."

Tulisan singkat itu dibubuhkan tagar "#baddecisionindeed" dan "#badexampleindeed" atau kalau diartikan, "benar-benar pilihan yang buruk" dan "benar-benar contoh yang buruk". Tampak jelas, Djenar Maesa Ayu memang berniat berguyon dengan caranya sendiri.

Namun, bukannya ditertawai dengan guyonan tersebut, Djenar Maesa Ayu justru mendapat kritikan pedas. Sebagian netizen merasa foto itu sangat tidak pantas.

Sumber: Instagram/ djenarmaesaayu

"Saya ibu seorang balita. Selama ini sering sekali bepergian dgn angkutan umum dan di beberapa fasilitas publik, orang merokok meski sudah dikasih tanda dilarang. Itu tidak keren. Menulis dengan berani tentang perempuan dan ekspresi seksualnya itu yang keren. Tapi ini? Tampaknya tidak. Ini benar-benar situasi yang menakutkan untukku dan bayiku." tulis @vivinalifa

Djenar Maesa Ayu lantas membalas dan memberi klarifikasi bahwa foto tersebut memang bukan contoh yang baik. Ia pun berkali-kali memberi peringatan agar membaca keterangan foto, lengkap dengan tanda pagarnya supaya paham akan pesan yang terkandung.

"@vivinalifa aku tidak akan merokok jika ada anak-anak di sekitarku, meskipun aku sedang ada di area merokok (aku tak mengerti mengapa ada orangtua yang duduk di area merokok dengan anak-anak) tapi ya, aku setuju bahwa ini bukan contoh yang baik. Terima kasih," tulis Djenar Maesa Ayu.

 

Yes, officer. I did see the no smoking sign. But, I didn't see you. #baddecisionindeed #badexampleindeed

A post shared by Djenar Maesa Ayu (@djenarmaesaayu) on

 

Meskipun telah memberi klarifikasi, kritik pedas masih menghampiri kolom komentar foto Djenar Maesa Ayu tersebut. "Aku suka filmmu, tapi kelakuan seperti ini... ya Tuhan, aku merasa sangat malu untukmu," sindir @hndrkspr.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini