Christine​ Hakim Imbau Perempuan Indonesia Agar Seperti Ini

Oleh Surya Hadiansyah pada 12 Apr 2017, 18:24 WIB

Liputan6.com, Jakarta Setiap 21 April, Indonesia selalu merayakan Hari Kartini. Peringatan itu tak lain adalah untuk mengenang jasa seorang pahlawan perempuan R.A Kartini.

Menjelang hari Kartini, aktris senior Christine Hakim mengungkapkan pandangannya mengenai perempuan-perempuan Indonesia saat ini.

"Sebetulnya sudah dikatakan, jangan terjebak dalam seremonial atau perayaan. Setelah ratusan tahun lebih Kartini wafat, wanita sudah menunjukan kesetaraan gender. Terpenting adalah bagaimana perempuan memposisikan diri dan menjaga kewanitaan kita," terang Christine Hakim, saat ditemui di acara Panggung Para Perempuan Kartini di Museum Bank Indonesia, Kota Tua, Jakarta Barat, Selasa (11/4/2017).

Selain memposisikan diri, pemilik nama asli Herlina Christine Natalia Hakimda ini mengatakan ada satu hal lagi yang tak kalah penting untuk dimiliki perempuan, yakni wawasan.

"Wanita harus punya wawasan luas untuk membekali generasi penerus. Saya tahu banyak perempuan di desa enggak bisa bahasa tulis, tapi anak-anaknya sarjana di universitas nasional. Jadi penting wawasan," tambah Cristine Hakim.

Terakhir, ibu berusia 60 tahun ini menambahkan agar kaum perempuan juga harus tetap menjaga kodratnya sebagai perempuan. Dengan tetap menjaga keutuhan dan kekuatan alaminya, seorang perempuan tetap bisa menundukkan kaum pria.

"Dengan menjaga kekuatan kita sebagai perempuan, lelaki akan tunduk," tutur Christine Hakim. (fei)

[vidio:[12 April 19:00] Live Streaming Debat Pamungkas Pilkada DKI 2017]()