Sukses

Terbukti Membunuh, Aktor Power Rangers Bakal Dipenjara

Liputan6.com, Los Angeles - Waralaba Power Rangers sempat dinodai oleh ulah mantan pemeran Ranger Merah, Ricardo Medina. Sang aktor menusuk temannya dengan pedang hingga tewas pada Januari 2015 silam. Keputusan terbaru dari pengadilan, membuatnya harus merasakan jeruji besi dalam waktu cukup lama.

Dilaporkan LA Times pada pekan lalu, tuntutan yang dilemparkan kepada Ricardo Medina atas perbuatannya ini akhirnya dikabulkan oleh Pengadilan Antelope Valley. Sang aktor Power Rangers dinyatakan bersalah atas hilangnya nyawa teman sekamarnya yang bernama Josh Sutter di kediaman mereka di Green Valley.

Power Rangers Wild Force. (Saban)

Pernyataan tersebut disampaikan oleh Kantor Kejaksaan Los Angeles County. Disebutkan juga bahwa Ricardo yang sudah mengakui perbuatannya, dan bakal menjalani kehidupan di penjara selama enam tahun. Hukumannya sendiri akan mulai dijatuhkan pada bulan ini.

Ricardo Medina sebelumnya didakwa dengan pembunuhan tingkat pertama pada Januari 2016 lalu. Pihak penyidik mengatakan bahwa beberapa menit sebelum penusukan, Ricardo dan Josh sempat berdebat mengenai cara kekasih Ricardo memarkir mobilnya sendiri.

Begitu argumen berlanjut dan semakin panas, pihak investigasi mengatakan bahwa Sutter memaksa untuk masuk ke kamar Ricardo. Alhasil, Ricardo yang ada di dalam kamarnya pun mengambil pedangnya dan menghunuskannya ke pintu hingga menikam Josh Sutter berkali-kali sebelum menghubungi 911, seperti disampaikan pihak kepolisian.

Ricardo Medina Jr ditangkap polisi dengan tuduhan pembunuhan

Ricardo sendiri mengaku bahwa ia melakukan hal tersebut dalam rangka membela diri. Kepala Polisi Daerah Los Angeles sempat ditanya mengapa butuh waktu setahun untuk mendakwa Medina. Namun, tak ada penjelasan yang pasti.

Dalam sebuah kesepakatan, jaksa telah menurunkan tingkat tuduhan dikarenakan pengakuan bersalah dari Ricardo. Pengacara Ricardo Medina, Stanley Friedman, mengatakan bahwa masuk akal bagi kliennya untuk mengaku bersalah. Bila tidak, ia malah berisiko menghadapi hukuman penjara seumur hidup jika terbukti bersalah dalam tuduhan yang sebelumnya dikenakan padanya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Latar Belakang Pembunuhan

Awal mula Ricardo menetap bersama Josh Sutter di Los Angeles bermula pada 2011 ketika Josh membantu saudarinya, Rachel Kennedy, untuk membuka bisnis penjualan anjing penyelamat. Menurut Rachel, rumah terjadinya penusukan ditujukan sebagai tempat berlindung bagi para anjing. Ricardo mulai tinggal di sana setelah Rachel mempekerjakannya untuk mengurus hewan-hewan yang ada.

Namun, Ricardo Medina mulai bertindak sembarangan tak lama setelah bekerja di sana. Rachel Kennedy menjelaskan bahwa kakaknya dan Ricardo sering beradu argumen. Pada satu titik, Ricardo bahkan pernah mengancam akan melepaskan anjing-anjing mereka ke alam liar.

Rachel sendiri berpikir bahwa enam tahun bukanlah hukuman penjara yang cukup lama bagi Ricardo atas perbuatannya. Namun di sisi lain, Rachel juga lega telah mendengar Ricardo mengaku bersalah. Pekan lalu telah menjadi hari ulang tahun Josh yang ke-38.

Ricardo Medina sendiri memerankan karakter Red Lion Wild Force Ranger di Power Rangers Wild Force sejak 2002 hingga 2003. Ia juga sempat tampil sebagai tokoh jahat bernama Deker di Power Rangers Samurai pada 2011 dan 2012. Di luar Power Rangers, Ricardo Medina juga sempat tampil di serial CSI: Miami dan ER.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.