Sukses

Lagu Shape of You Milik Ed Sheeran Hasil Plagiat?

Lagu Shape of You milik Ed Sheeran punya melodi yang sama dengan No Scrubs milik TLC.

Liputan6.com, Los Angeles - Lagu "Shape of You" milik Ed Sheeran yang dirilis 6 Januari 2017 lalu berhasil merajai puncak tangga lagu Billboard selama tujuh minggu. Lagu yang menandai kembalinya Ed Sheeran di panggung musik itu terbukti sukses mengambil hati penggemar.

Dua bulan setelah rilis, penggemar mulai sadar apa yang sebenarnya membuat mereka menyukai lagu itu. Melodi "Shape of You" pasti terdengar familiar di telinga pendengar yang tumbuh di era 1990-an.

 Dengan gaya rambut dan jenggot baru, Pangeran Harry sempat disangka penyanyi Ed Sheeran. Seberapa mirip gaya mereka?

Bagaimana tidak, lagu tersebut memang berirama serupa dengan "No Scrubs" yang dipopulerkan oleh TLC. Lalu, apakah hal tersebut berarti Ed Sheeran telah melakukan plagiat secara terang-terangan terhadap hits yang dirilis pada 23 Januari 1999 itu?

Ed Sheeran tidak memungkiri hal tersebut. Ia membenarkan bahwa melodi "Shape of You" memang diambil dari melodi "No Scrubs". Untuk menghindari tuduhan plagiat, Ed Sheeran lantas mencantumkan pencipta lagu "No Scrubs", Kandi Burruss dan Tiny Harris sebagai musisi yang terlibat dalam pembuatan "Shape of You".

Dapat dipastikan, tidak ada permasalahan berarti yang terjadi akibat hal tersebut. Kandi Burruss bahkan memberi selamat dan mengucap terima kasih pada Ed Sheeran melalui Instagram terkait lagu itu.

 TLC

"Selamat Ed Sheeran karena telah meraih posisi pertama untuk album dan terima kasih karena memperbolehkan aku dan @majorgirl untuk berbagi kebahagiaan dalam kesuksesan #ShapeofYou yang menjadi lagu nomor satu selama tujuh minggu," tulis Kandi Burruss di keterangan video dalam Instagram pribadinya, baru-baru ini.

Sebelumnya, beberapa penggemar sempat membanjiri lini massa Twitter dengan perbandingan lagu "Shape of You" milik Ed Sheeran dan "No Scrubs" milik TLC. Bahkan, ada beberapa orang yang menyanyikan kedua lagu itu secara bersamaan dan mengunggahnya di media sosial.

 

 

Shape of you/ No scrubs #musicmonday

A post shared by Sabrina Carpenter (@sabrinacarpenter) on

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.