Unik Atau Konyol? 6 Fakta Film Horor yang Tak Diketahui Publik

Oleh Desika Pemita pada 03 Feb 2017, 00:00 WIB
The Ring

Liputan6.com, Jakarta Film horor biasanya membuat penonton histeris. Dengan adegan yang mengejutkan hingga terkesan sadis, menyebabkan penonton sangat terkejut.

Selama pembuatannya, ada saja hal yang terjadi, mulai merasakan hal supranatural atau kutukan dalam film horor. Apalagi, jika film horor tersebut diadaptasi dari kisah nyata.

Cerita mengenai pembuatan film horor sempat tersebar luas hingga sampai ke telinga publik. Namun hal tersebut tak diketahui kebenarannya, berdasarkan cerita dari mulut ke mulut.

Meski begitu, ada juga cerita mengenai pembuatan film horor yang unik dan konyol. Beberapa di antaranya tak banyak diketahui publik. Apa sajakah itu?

1 of 7

Typo di Film Carrie

Film legendaris Carrie tayang 1976 silam. Film yang diadaptasi dari karya Stephen King dengan judul yang sama membuat penikmat film tercengang dengan jalan ceritanya yang memberikan teror tersendiri.

Kesuksesannya, membuat film Carrie kembali diproduksi pada 2013 silam. Film yang mengisahkan tentang seorang anak yang memiliki tenaga telekinesis yang bangkit karena terlalu sering di-bully. Carrie akhirnya menghabisi nyawa orang-orang yang telah menyakitinya.

Carrie (1976)

Film yang tayang 1976 silam ternyata memiliki sedikit kesalahan. Dalam trailer yang tayang, ada sedikit typo saat menuliskan nama Stephen King yang tertera justru "Steven". Tak banyak penonton yang mengetahui kesalahan tersebut karena fokus dengan film-nya.

 

 

 

2 of 7

Penonton Menuntut Film The Exorcist

The Exorcist dianggap sebagai salah satu film horor legendaris sepanjang masa.  Meski sudah 44 tahun berlalu, film horor The Exorcist rupanya masih belum juga berhenti menakuti banyak penikmat layar lebar.

Dalam sebuah riset yang dilakukan baru-baru ini, film karya sutradara William Friedkin itu bahkan menduduki peringkat pertama dari 10 film horor paling seram di Hollywood. Ada beberapa kejadian yang dialami penonton setelah menyaksikan The Exorcist.

Saat menyasikan film The Exorcist yang tak lama tayang, seorang pria sampai pingsan akibat terlalu takut hingga mematahkan dagunya. Dia sampai melayangkan gugatan kepada tim produksi The Exorcist.

Selain itu, setiap bioskop yang menyayangkan The Exorcist telah menyediakan tim medis. Penonton mengalami panik dan histeris setelah menyaksikan film The Exorcist.

 

3 of 7

Pemain Kebanyakan Menangis di The Shining

The Shining, film horor bernuansa psikologi yang tayang 1980 silam ini terlihat mencekam dalam beberapa adegannya. Shelley Duvall yang memerankan Wendy Torrance terlihat begitu nyata ketika berlari atau berteriak.

Teror yang dirasakan Shelley Duvall seolah tersampaikan oleh penonton. Tak banyak yang mengetahui rahasia akting Shelley Duvall dibantu oleh sutradara dan tim produksi. Sutradara menyebut akting Shelley Duvall snagat jelek, membuat tim produksi menunggu lama.

Bahkan, sang sutradara meminta tim produksi atau pemain lainnya untuk bersikap kejam kepada Shelley Duvall. Hasilnya, penampilan memukau dari sang artis. Shelley Duvall juga harus menenteng botol minum karena dehidrasi akibat terlalu sering menangis dan berteriak.

 

4 of 7

Judul Asli The Texas Chain Saw Massacre

The Texas Chain Saw Massacre yang rilis 1974 silam merupakan film yang penuh dengan adegan mengerikan hingga membuat penonton mual. Film yang diadaptasi dari kisah nyata pembunuh berantai dan berdarah dingin Ed Gain nyaris tak bisa tayang.

Beberapa wilayah di Amerika Serikat sempat menolak The Texas Chain Saw Massacre karena dianggap terlalu sadis. Saat itu, media pun memberitakan film tersebut dianggap mendobrak kebiasaan, terlalu berani menunjukkan ceceran darah di depamn kamera.

The Texas Chain Saw Massacre

Tak banyak yang mengetahui film The Texas Chain Saw Massacre judul aslinnya adalah Head Cheese. Bisa dibayangkan, film mengerikan mengenai pembunuh berantai yang berlarian sambil membawa gergaji mesin memiliki judul Head Cheese atau kepala keju?

5 of 7

Properti di Poltergeist

Poltergeist yang ditayangkan 1982 silam dianggap sebagai salah satu filmn horor sepanjang masa. Film tersebut juga sempat dipenuhi dengan isu kutukan yang menghantui kru dan filmnya.

Pemain Poltergeist sebagai tiga bersaudara mengalami kesialan setelah syuting selesai.Dua dari pemeran anak-anak meninggal dunia. Salah satunya meninggal akibat operasi, lainnya dibunuh mantan kekasihnya.

Adegan dalam film Poltergeist yang tampak mencekam.

Namun tak banyak yang mengetahui properti di film Poltergeist menggunakan tengkorak manusia sungguhan. Hasilnya, pemain yang mengetahui hal itu seolah merasa diteror hingga membuat rasa ketakutannya seolah terekam ke kamera.

6 of 7

Bisikan Gary Oldman di Dracula

Film Bram Stoker's Dracula atau yang lebih dikenal sebagai Dracula rilis 1992 silam, diperankan Gary Oldman. Folm fantasi drama yang bernaunsa mengerikan ini memang membuat penonton bergidik melihat adegan demi adegan.

Saat Gary Oldman berubah menjadi makhluk seperti kelelawar dianggap adegan ikonik. Padahal, adegan itu menurut Gary Oldman sama sekali tak mengerikan.

Gary Oldman dalam Dracula yang rilis 1992 silam (YouTube)

Untuk membuatnya lebih hidup dan nuansa horornya terasa, Gary Oldman membisikan ssuatu ke telinga pemain lainnya.

Tak ada yang mengetahui ucapan Gary Oldman saat itu. Tapi, semua pemain yang ada dalam adegan terlihat sangat ketakutan. Wajah tersenyum Gary Oldman tampak tersenyum puas dan licik.

Lanjutkan Membaca ↓
Edi IPEdi IP

berita ini juga ada typo kecil "medis" menjadi "media"