Sukses

Iwan Fals Bikin Polling Pilkada DKI, Siapa yang Menang?

Lewat akun Twitternya, Iwan Fals membuka polling siapa pemenang Pilkada DKI pilihan followers-nya. Siapakah yang terbanyak dipilih?

Liputan6.com, Jakarta - Iwan Fals dikenal sebagai musikus yang memiliki basis penggemar yang besar. Penggemar Iwan Fals yang biasa disebut "Orang Indonesia (Oi)" itu tersebar di seluruh penjuru Indonesia. Penggemarnya di dunia maya pun tak kalah banyak. Iwan Fals memiliki followers di Twitter mencapai 930 ribu.

Iwan Fals merupakan satu dari musisi papan atas yang mengisi malam puncak HUT 26 SCTV, Jakarta, Rabu (24/8). Musisi lain seperti NOAH, Raisa, dan Afgan turut memeriahkan panggung Istora Senayan. (Liputan6.com/Johan Tallo)

Entah iseng atau tidak, pria 55 tahun tersebut belum lama ini melemparkan polling alias jajak pendapat lewat akun Twitter-nya mengenai Pilkada DKI 2017 yang kini sedang marak.

Dalam cuitannya pada 12 November 2016, Iwan Fals menulis "andai pilkada dki dilaksanakan sekarang siapa pilihanmu" dengan emoticon berpikir. Partisipan yang ikut pun mencapai 38.117 pemilih dan sebanyak 62 persen memilih Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). Lalu 20 persen memilih Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) sedangkan sisanya memilih Anies Baswedan.

Sumber: Twitter/@iwanfals

Jajak pendapat yang kini sudah selesai itu kemudian malah menimbulkan polemik hingga membuat Iwan Fals kembali membuat polling yang berisi pilihan dihapus atau tidak jajak pendapat sebelumnya.

"Duh bikin polling kok pada berantem, jadi mending dihapus apa nggak ya pollingnya," tulisnya. Lalu 76 persen dari 3 ribuan lebih partisipan memilih untuk jangan dihapus.

Selanjutnya pelantun "Oemar Bakri" itu melanjutkan polling-nya dengan membahas kinerja Presiden Jokowi. Sebanyak 75 persen menyetujui bahwa kerjanya sudah bagus, lalu 14 persen menyebut "biasa saja" dan sisanya memilih "buruk."

Kemudian Ayah tiga anak itu membicarakan tema lagu yang menarik untuk dibawakan, "oke, lanjut ya, tema2 lagu yg menarik."

Dan pemenangnya adalah tema sosial dan politik dengan 40 persen pemilih. Selanjutnya 34 persen memilih tema cinta, 20 persen lingkungan hidup dan sisanya memilih tema religi.

Hingga berita ini diturunkan, Iwan Fals masih membuat jajak pendapat tentang berbagai topik dan masih bisa diikuti. Polling tersebut bisa ditilik di akun Twitter milik Iwan Fals.  

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta
    Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, politikus yang kini menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta

    Ahok

  • Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama
    Pilkada DKI 2017 akan berlangsung pada Februari 2017 diikuti tiga calon gubernur Agus Yudhoyono, Anies Baswedan, dan Basuki T. Purnama

    Pilkada DKI 2017

  • Agus Yudhoyono merupakan anak sulung Susilo Bambang Yudhoyono, kini mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta
    Agus Yudhoyono merupakan anak sulung Susilo Bambang Yudhoyono, kini mencalonkan diri menjadi Gubernur DKI Jakarta

    Agus Yudhoyono

  • Anies Baswedan menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia
    Anies Baswedan pernah menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Indonesia ke-29 pernah menjadi rektor termuda se-Indonesia

    Anies Baswedan

  • Iwan Fals

Video Terkini