Jadi Selebritas Kaya, Ini Bisnis-Bisnis Raffi Ahmad

Oleh Nilam Suri pada 02 Okt 2016, 14:00 WIB
Raffi Ahmad

Liputan6.com, Jakarta Raffi Ahmad agaknya menjadi selebritas yang paling banyak diperbincangkan saat ini. Mulai dari unggahan foto-foto di social medianya, bahkan sampai kehidupan rumah tangganya dengan Nagita Slavina yang belakangan diterpa isu miring.

Tapi di tengah berbagai isu yang menerpanya, banyak orang yang tidak ngeh--atau mungkin lupa--bahwa Raffi Ahmad adalah seorang pebisnis yang cukup handal. Pendapatannya di dunia hiburan, kabarnya, juga menjadikannya sebagai selebritas terkaya saat ini. 

Hanya empat acara di mana dirinya menjadi presenter, pria yang memulai karirnya sebagai bintang sinetron ini digadang-gadang menghasilkan sekitar Rp 200 juta setiap harinya. 

Walau begitu, pria bernama lengkap Raffi Farid Ahmad ini sadar profesinya di dunia hiburan tidak akan bisa menjamin masa depannya. Selain itu, rupanya ayah Rafathar Malik Ahmad ini juga memiliki target: pensiun di usia 35 tahun.

Tahun lalu, bintang film Bukan Bintang Biasa ini pernah mengeluarkan pernyataan, "Saya mau memperkuat kaki-kaki saya di bisnis. Biar nanti (di masa depan) tinggal nikmati hidup."

Untuk memastikan hal itu, Raffi Ahmad tidak mau main-main dalam menjalankan "kerajaan" bisnisnya. Tak hanya di satu bidang, pria kelahiran 17 Februari 1987 itu merambah ke berbagai bidang bisnis.

Apa saja? Liputan6.com merangkumkannya untuk Anda:

1 of 7

Bisnis properti

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina
Raffi Ahmad memulai bisnis di dunia properti sejak tahun 2009.

Sejak tahun 2009, Raffi Ahmad sudah mulai mencoba peruntungannya di bidang properti. Raffi Ahmad memiliki berbagai properti sebagai aset yang tersebar di berbagai tempat.

Mulai dari rumahnya sendiri yang seluas 1.000 meter persegi di daerah Pondok Labu, Jakarta Selatan. Termasuk rumah yang sekarang ditempati ibunya, Amy Qanita di Lebak Bulus, sampai berbagai apartemen.

Di tahun 2013, Raffi Ahmad memutuskan untuk memfokuskan bisnis propertinya ke bisnis apartemen. Selain apartemen mewah di SCBD Sudirman, Jakarta, presenter ini juga memiliki banyak apartemen lain di berbagai kota, seperti: Tangerang, Bali, dan di Kepulauan Seribu.

2 of 7

Bisnis pakaian

Raffi Ahmad
Raffi Ahmad juga memiliki usaha pakaian yang diberi nama RA Jeans.

Bersama dengan sang istri, Raffi Ahmad mulai merambah ke dunia fashion dan merilis merek dagannya sendiri RA Jeans. Melalui brand ini, Raffi memfokuskan usahanya untuk memproduksi pakaian berbahan utama jeans.

"RA singkatan dari Raffi Ahmad. Jadi untuk bahan jinsnya, kami meng-hire tenaga ahli dari India dan London," ungkap Raffi Ahmad saat menggelar konfrensi pers perilisan bisnisnya ini, di tahun 2015.

Bintang Love is Cinta ini juga mengatakan, ia dan istri memilih jeans karena bahan itulah yang jadi pilihan utama anak muda.

Salah satu alasan lain Raffi Ahmad memulai bisnis fashion-nya ini adalah, ia bosan selalu menjadi wajah dari merek pakaian orang lain.

"Saya jadi brand ambassador untuk produk ABCDE sudah hampir tujuh tahun. Jadi, saya pikir kenapa saya enggak buka atau bikin toko pakaian saya sendiri," ungkap Raffi Ahmad.

3 of 7

Bisnis parfum

Raffi Ahmad dan Nagita Slavina
Raffi Ahmad dan Nagita Slavina sama-sama memiliki bisnis kuliner

Tak mau berfokus pada satu jenis bidang bisnis, Raffi memulai peruntungannya di usaha lain.

Mengikuti jejak Justin Bieber dan Pitbull, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina meluncurkan parfum dengan nama mereka, Raffi Nagita.

"Hari ini ngeluarin body spray kita, Raffi Nagita, kerjasama dengan salah satu bank, kita dedikasikan buat fans semuanya," ujar Raffi ditemui di Kelapa Gading, Jakarta Utara, Minggu (6/3/2016).

Untuk urusan bisnis parfum ini, Raffi merasa beruntung. Pasalnya, ada sebuah bank yang mau bekerjasama dengannya dalam berbisnis.

"Aku sama Gigi diberi kepercayaan bank besar, aku jadi semakin dekat dengan fans, banyak dapat diskon dari semua bisnis aku," lanjut Raffi.

Keinginan untuk memulai bisnis parfum sebenarnya sudah dipikirkan Raffi sejak lama, cuma baru berhasil diwujudkannya awal tahun ini.

4 of 7

Bisnis kuliner

Raffi Ahmad
Bersama istri, Raffi Ahmad meluncurkan merek parfumnya sendiri

Setelah bidang properti, busana, dan parfum, kini Raffi Ahmad dan Nagita Slavina melebarkan sayap mereka ke dunia kuliner.

Mengikuti kesukaan sang istri yang hobi makan bakmi, Raffi Ahmad lantas membuka tempat makan bakmi RN (Raja Nikmat). Selain itu, bersama sahabatnya yang bernama Deny, Raffi juga memiliki bisnis nasi lidah Raden, singkatan dari Raffi Deny.

"Baju sudah. Makanan iseng awalnya di bazar ternyata sambutan luar biasa. Aku jual nasi lidah. Gigi bakmi," kata Raffi Ahmad ditemui di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Minggu (27/12/2015).

Awal mula Raffi memasuki dunia kuliner adalah dari ibu mertuanya, Rieta Amalia. Ternyata, sebelum dijalankan Raffi, ibu mertuanya tersebut sudah lebih dulu menjalankan bisnis nasi lidah.

Raffi sangat senang tempat makan yang ia buka ramai didatangi pengunjung. Ia berharap kalau pencinta kuliner kian banyak yang menyerbu makanan yang dia jual.

"Semoga peminatnya banyak, yang beli banyak juga," kata Raffi.

5 of 7

Bisnis furniture

 Raffi Ahmad dan Nagita Slavina
Raffi dan Nagita memiliki usaha furniture Rans Living.

Untuk mendampingi bisnis propertinya, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina juga memiliki bisnis furniture yang diberi nama Rans Living.

Berbagai perabotan yang dijual oleh pasangan selebritas ini ditampilkan dengan gaya yang mewah sekaligus santai.

Rans living menyediakan berbagai perabotan, mulai dari sofa, meja, lemari, dan juga berbagai aksesoris rumah.

Para penggemar bahkan bisa membeli aksesoris rumah yang berhiaskan gambar wajah pasangan selebriti ini.

6 of 7

Bisnis otomotif

Raffi Ahmad
Menyukai mobil mewah, Raffi Ahmad mencoba bergelut di bisnis otomotif.

Raffi Ahmad juga adalah seorang penggemar kendaraan mewah. Mulai dari mobil-mobil yang tak mudah didapat di Indonesia sampai ke motor-motor gede. Untuk menyalurkan hobinya ini, Raffi Ahmad membuka showroom motor gede.

Saat pembukaan showroom-nya, Raffi Ahmad mengatakan, "Yang penting senang, bisnis ini menambah relasi baru. Bisa kerjasama dengan orang-orang yang profesional di bidangnya."

Bisa dibilang, bisnis otomotif adalah salah satu bisnis paling awal yang digeluti oleh mantan kekasih Yuni Shara tersebut.

"Bisnis ini memang gambling, tapi akan terasa punya relasi dan teman kerja yang bagus. Selain itu bisa menambah pengalaman kerja yang baru," ujar Raffi Ahmad di tahun 2009 lalu.

Lanjutkan Membaca ↓
dauspajerodauspajero

sukses buat kamu

Mrokhim MrokhimMrokhim Mrokhim

kapan ya saya bisa sukses seperti mereka-mereka... www.permatapulsaelektrik.web.id