Sukses

AADC 2 Diputar Perdana di Yogya, Begini Komentar Garin Nugroho

Menurut sineas Garin Nugroho, Yogyakarta telah layak disebut sebagai pusat industri kreatif.

Liputan6.com, Yogyakarta Film Ada Apa dengan Cinta? 2 (AADC 2) yang dibintangi Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra mulai ditayangkan serentak di bioskop Tanah Air mulai Kamis, (28/4/2016). Sebelumnya, film ini ditayangkan pertama kali di Empire XXI Yogyakarta pada Sabtu, 23 April lalu.

Menurut sineas Garin Nugroho, penayangan perdana di Yogyakarta ini menunjukkan bahwa Kota Pelajar ini sudah layak menyandang julukan pusat industri kreatif. 

Garin menambahkan bahwa pemerintah Perancis melihat generasi baru sineas Indonesia dari dirinya. Penghargaan bagi seseorang dalam jangka panjang yang punya produktivitas besar tidak hanya di Indonesia. (Nurwahyunan/Bintang.com)

"Baik untuk citra marketing-nya maupun proses produksinya, dan baik bagi studionya dan fasilitas produksi. Itu tanda Yogya sebagai industri kreatif," ujarnya saat ditemui di kediamannya di Jalan Jayeng Prawiran, Pakualaman, Yogyakarta, Kamis (28/4/2016).

Garin mengatakan selama ini Yogyakarta memiliki sumber daya alam dan tempat indah yang bisa diekspos melalui film. Sehingga saat ini, banyak film yang melakukan syuting di Kota Gudeg. Potensi ini ditangkap sutradara film, baik di Indonesia maupun luar negeri. Ia yakin kota Yogyakarta mampu menjadi tempat tumbuhnya industri kreatif perfilman di Indonesia.

Garin Nugroho (Fathi Mahmud)

"Yogya itu menjadi ruang produktivitas dan pendidikan industri kreatif, terbuka bagi Indoneisa maupun dunia," ujar Garin Nugroho. (fathi mahmud/Rtn)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini