Sukses

Tak Mau Pakai Kantong Plastik, Tommy Kurniawan Ditertawai

Sebagai publik figur, Tommy Kurniawan merasa bertanggung jawab untuk mengampanyekan pembatasan penggunaan kantong plastik.

Liputan6.com, Jakarta Indonesia saat ini tengah menekan tingginya penggunaan kantong plastik. Pasalnya, Indonesia merupakan negara tertinggi kedua di dunia dalam hal penggunaan kantong plastik.

Kampanye ini rupanya didukung oleh Tommy Kurniawan. Suami Fatimah Tania Nadira ini khawatir, bila penggunaan kantong plastik tak ditekan, maka kerusakan lingkungan di Indonesia tak bisa dihindarkan.

"Fakta Indonesia jadi negara kedua tertinggi dalam penggunaan kantong plastik, itu ngeri banget. Saya dukung menekan penggunaan kantong plasting demi lingkungan," ujar Tommy Kurniawan, ditemui di acara Car Free Day di kawasan Senayan, Jakarta, Minggu (13/3/2016).

Tommy Kurniawan dan Ressa Herlambang dalam kampanye pembatasan penggunaan kantong plastik.  [Foto: Ferry Noviandi/Liputan6.com]

Tak sendiri, Tommy Kurniawan melakukan kampanye bersama sesama reka artis yang tergabung dalam organisasi Garda Bangsa. Mereka adalah Sandy Nayoan, Ressa Herlambang, Saleh 'Said Bajuri', Krisna Mukti dll.

Dalam aksinya itu, Sandy dkk mengajak masyarakat untuk tidak lagi meggunakan kantong plastik. Selain itu, mereka juga melakukan bersih-besih sampah yang ada di sekitar Senayan.

"Saya kalau di rumah, plastik itu dipakai cuma buat buang sampah. Kalau dapat kantong plastik, biasanya digulung-gulung sampai kecil, lalu disimpan buat tempat sampah," ujar ayah dua anak ini.

Beberapa artis seperti Tommy Kurniawan, Ressa Herlambang, Saleh 'Said Bajuri' dan Sandy Nayoan mendukung kampanye pembatasan penggunaan kantong plastik. [Foto: Ferry Noviandi/Liputan6.com]

Ketika belanja ke swalayan, Tommy dan istri mengaku selalu membawa kantong sendiri. Rupanya, kebiasaan itu sempat ditertawai banyak orang.

"Beberapa kali diketawain karena enggak mau pakai plastik. Mungkin mereka bilang, '200 perak aja enggak mau ngeluarin duit'. Ini bukan soal nominal duit, tapi saya ingin memberikan contoh yang baik. Apalagi saya seorang publik figur," sambung Tommy Kurniawan.

Diakui Tommy Kurniawan, kampanye menekan penggunaan kantong plastik butuh waktu. "Kita harus mengubah pandangan dan kebiasaan masyarakat kita. Di awal pasti sulit, mungkin dianggap remeh, tapi nanti saya yakin akan berhasil," tutur Tommy Kurniawan. (fei/Des)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini