Sukses

Jelang Eksekusi Bali Nine, Gitaris Black Sabbath Surati Jokowi

Surat gitaris Black Sabbath, Tony Iommi mengenai permohonan grasi terhadap terpidana mati Bali Nine.

Liputan6.com, Jakarta Bukan hanya pimpinan negara Australia yang memohon pembatalan eksekusi mati, namun kini musisi dunia pun ikut melayangkan permohonan yang sama kepada Presiden Joko Widodo. Gitaris Black Sabbath, Tony Iommi, meminta Presiden Jokowi meninjau kembali eksekusi mati.

Iommi melakukan hal serupa yang telah dilakukan oleh band metal asal Inggris, Napalm Death. Iommi  menyurati Jokowi untuk mempertimbangkan eksekusi mati yang akan dijatuhkan kepada Andrew Chan dan Myuran Sukumaran.

Andrew Chan dan Myuran Sukumaran merupakan terpidana mati terkait kasus penyelundupan narkoba berjenis heroin seberat 8,2 kilogram pada tahun 2005. Mereka tergabung dalam sindikat Bali Nine.

Iommi menyatakan permohonan grasi terhadap kedua tersangka itu dengan surat yang dilengkapi kop surat dan tanda tangannya. Kabar itu dimuat pada Sydney Morning Herald (SMH), Rabu (4/3/2015). Surat tersebut ditulis menggunakan bahasa Inggris, dan diterjemahkan, lalu diserahkan ke Kantor Kepresidenan Republik Indonesia oleh pejabat Australia.

"Sistem penjara Indonesia telah sangat berhasil mengubah Andrew dan Myuran," tulis Iommi dalam suratnya. "Saya meminta kepada Anda, sebagai orang yang pemaaf, untuk memperhatikan perubahan dalam diri mereka."

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Inilah terjemahan lengkap dari surat Tony Iommi

Inilah terjemahan lengkap dari surat Tony Iommi tersebut:

 

Presiden lndonesia

3 Maret 2015

Yang Mulia, saya menulis ini untuk memohon pengampunan Anda terhadap Andrew Chan dan Myuran Sukumaran.

Saya memahami dan menghargai usaha Anda untuk melawan penyalahgunaan narkoba di Indonesia. Ini adalah usaha yang diperjuangkan semua bangsa.

Memang, saya telah melihat dampak negatif yang ditimbulkan oleh narkoba kepada manusia dan keluarga mereka. Itulah mengapa saya mengerti pandangan Anda yang tegas terhadap persoalan ini. Sistem penjara Indonesia telah sangat berhasil mengubah Andrew dan Myuran.

Saya memohon kepada Anda, sebagai orang yang pemaaf, untuk memperhatikan perubahan dalam diri mereka. Mereka sekarang adalah pria yang berbeda, yang turut membawa perubahan positif bagi kehidupan rekan-rekan mereka di penjara.

Perubahan yang telah mereka alami adalah kredit yang nyata bagi pemerintah lndonesia.

Untuk alasan ini, saya memohon Anda menghentikan eksekusi terhadap Andrew dan Myuran.

Perkenankan mereka untuk menjalani hukuman seumur hidup, tempat mereka dapat berkontribusi pada kesejahteraan lndonesia dan memperbaiki kesalahan yang pernah mereka buat sebelumnya. Saya harap Anda akan mempertimbangkan permohonan pribadi ini.


Hormat saya,

Tony Iommi
Gitaris, Black Sabbath.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini