Sukses

Sukses Jadi Artis, Mereka Tak Rasakan Bangku SMA

Mereka menjalani home schooling dan juga menunda pendidikan demi karir.

Liputan6.com, Jakarta Zaman sekarang sekolah atau pendidikan adalah salah satu hal yang sangat penting dalam perjalanan hidup manusia untuk mencapai kesuksesan. Namun, ada beberapa yang memilih untuk tidak bersekolah.

Beberapa artis tanah air bahkan menjalani proses ini. Sebagian di antara mereka tanpa jenjang pendidikan yang tinggi mereka bisa sukses, bahkan melebihi orang-orang dengan gelar sarjana.

Berikut daftar artis yang memilih untuk meneruskan pendidikan hingga SMA (Sekolah Menengah Atas).

Baca juga:

Daftar 6 Artis yang Pernah Jadi Guru

6 Artis Cantik Ini Pernah Dituding Selingkuh

Demi Kurus & Cantik, 6 Artis Ini Tak Makan Nasi Putih

Cerita Artis-artis Cantik yang Namanya Dicatut Kasus Penipuan


* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Inul Daratista

1. Inul Daratista

Penyanyi dangdut Inul Daratista mengakui jika dirinya tidak menempuh sekolah SMA. Inul pernah menegaskan jika dirinya hanya menempuh sekolah akhir di SMP.

"Saya hanya punya ijazah SMP. Jadi nggak mau macam-macam buat mencalonkan diri jadi pejabat," kata Inul dalam sebuah kesempatan.

Namun dengan ijazah SMP-nya, Inul membuktikan jika dia mampu sukses dan kini memiliki bisnis gurita lewat karaokenya yang tersebar di berbagai kota besar Indonesia, Inul Vizta.

3 dari 6 halaman

2. Nia Ramadhani

2. Nia Ramadhani

Nia Ramadhani rupanya juga tak pernah mencicipi bangku pendidikan SMA. Pilihan Nia Ramadhani untuk menjalani home schooling bermula karena dirinya lebih suka menghabiskan waktu di rumah daripada hang out dengan teman-teman sebayanya kala itu ke mall.

''Saya kan sangat sibuk. Terkadang saya banyak berada di lokasi syuting. Kalau sekolah di SMA, sangat susah dan mungkin tidak bisa mengikuti pelajaran di sekolah. Kalau homeschooling, waktunya saya yang ngatur,'' ujar Nia.

Pilihan Nia untuk menjalani pendidikan di rumah juga didorong karena teman-temannya mendadak bingung saat lulus SMA, sehingga terkesan ilmu selama tiga tahun terasa sia-sia. Kini Nia sudah menikah dengan putra konglomerat Aburizal Bakrie yakni Adriansyah Bakrie pada April 2010 lalu. Dari pernikahan itu, Nia dikaruniai putri cantik bernama Mikhayla pada 2 Juli 2012.

4 dari 6 halaman

3. Zaskia Gotik

3. Zaskia Gotik

Pedangdut Zaskia Gotik sempat diberitakan hanya menempuh pendidikan sampai tingkat SD. Kehidupan yang getir di masa muda, memuat Zaskia harus melupakan pengalaman berada di bangku SMP dan SMA. Kini dengan dirinya yang makin sukses, Zaskia mengurai mimpi bisa meraih ijazah SMP dan SMA dengan ujian paket kesetaraan.

"Neng mau ambil sekolah paket B terus paket C (setara SMA). Mau jadi perempuan yang lebih baik," kata Zaskia beberapa waktu yang lalu.

Tidak hanya pendidikan sekolah saja, mantan tunangan Vicky Prasetyo itu juga berencana mengikuti les bahasa Inggris. Ia tidak memungkiri jika dirinya masih memiliki kekurangan dalam penggunaan bahasa internasional itu.

Pasalnya, bahasa Inggris merupakan salah satu modal utama demi mengikuti perkembangan zaman dan tidak ketinggalan arus globalisasi. "Aku juga mau kursus bahasa Inggris, biar jadi wanita yang lebih baik lagi," tuturnya.


5 dari 6 halaman

4. Kevin Aprilio

4. Kevin Aprilio

Kalau yang satu ini, Kevin Aprilio sempat menempuh pendidikan di SMA. Namun di tengah jalan, Kevin menyatakan kepada orangtuanya untuk berhenti sekolah.

"Kevin kelas 2 SMA tiba-tiba bilang ‘saya berhenti sekolah besok’. Bisa dibilang ini pemberontakan tapi buat saya ini bagus, kemajuan,” kata ayah Kevin, musisi Adhie MS

Pilihan Kevin untuk berhenti sekolah disesalkan oleh sang ibu Memes. Memes bahkan sampai menangis mendengar keinginan anaknya itu.

"Istri saya sampai nangis satu minggu. Tapi untungnya Kevin kasih bukti, dengan home schooling dia bisa selesaikan kuliahnya," ujar Adhie.

6 dari 6 halaman

5. Aliando Syarief

5. Aliando Syarief

Bintang Ganteng-ganteng Serigala, Aliando Syarief adalah salah satu artis yang memutuskan untuk tidak melanjutkan sekolahnya di SMA Marthia Bakti. Aliando mengatakan jika keinginannya menjadi seorang aktor telah membuatnya memilih untuk meninggalkan sekolah. Itulah hidup. Terkadang kita juga harus memilih dan memutuskan meski terkadang berat.

"Itu keputusan yang berat, akhirnya gue putuskan untuk tak melanjutkan sekolah," kata Aliando.

Untuk memutuskan berhenti sekolah, Aliando terpaksa harus melibatkan anggota keluarga lain untuk berembuk.  "Saking beratnya gue sama keluarga ngumpul cuma rapatin berhenti sekolah. Selama seminggu kita rapatin. Akhirnya gue nggak sekolah," kisahnya. (Adt/Ade)




* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini