Sukses

Kasus Artis Paling Heboh di 2014 (Bagian 1)

UGB, Marshanda, Jessica Iskandar dll menjadi artis dengan cerita paling heboh di 2014.

Liputan6.com, Jakarta Dunia showbiz Tanah Air diramaikan dengan berbagai berita menggemparkan di 2014. Mulai dari pengobatan palsu Ustad Guntur Bumi hingga perceraian Marshanda, serta Farhat Abbas. Juga berita beberapa selebriti yang merasakan dinginnya tembok penjara.

Liputan6.com mencoba merangkum kisah artis paling menghebohkan sepanjang 2014 yang dirangkum dalam dua bagian. Berikut kisahnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 7 halaman

Pengobatan palsu Ustad Guntur Bumi

1. Pengobatan Palsu Ustad Guntur Bumi

Selain sebagai seorang ustad dan mengaku miliki kemampuan menyembuhkan, Ustad Guntur Bumi (UGB) juga dianggap sebagai salah seorang selebriti di Tanah Air. Bukan saja karena ia memperistri seorang Puput Melati, namun kegiatan UGB kerap disorot media dan membuatnya sebagai seorang ustad selebriti yang cukup di kenal di Tanah Air.

Namun kasus besar menghampiri pria bernama asli Muhammad Susilo Wibowo ini. Pada pertengahan Februari 2014, Ustad Guntur Bumi dilaporkan ke Majelis Ulama Indonsesia (MUI) oleh salah seorang anggota keluarga mantan pasiennya yang bernama Hans Suta.

Hans Suta mengaku kalau pengobatan UGB menyimpang dari syariat Islam dan mengandung klenik. Hans menceritakan, dalam mengobati pasien, UGB kerap memakai perantara yang ganjil seperti ular, ulat, paku dll. Selain itu, UGB juga memasang tarif tinggi kepada seluruh pasien.

Dari awalnya hanya Hans Suta, satu persatu kemudian mantan pasien UGB bermunculan. Bahkan ada salah seorang mantan pasien yang mengaku dilecehkan oleh pria yang sempat disebut sebagai Ustad Cilik tersebut.

Pada 6 Mei 2014, UGB ditahan di Polda Metro Jaya. Ayah empat anak ini kemudian divonis penjara selama enam bulan oleh Pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Pada 21 November 2014, UGB bebas.

3 dari 7 halaman

Pernikahan Palsu (?) Jessica Iskandar-Ludwig Franz Willibald

2. Pernikahan palsu (?) Jessica Iskandar-Ludwig Franz Willibald

Jessica Iskandar orang yang sangat tertutup jika menyangkut masalah pribadi. Buktinya, saat menikah dengan pria asal Jerman, Ludwig Franz Willibald, pada pertengahan Desember 2013, Jessica sangat tertutup dengan media.

Tak sepatah kata pun meluncur dari mulut wanita kelahiran 29 Januari 1988 ini tentang pernikahannya. Berita pernikahan Jessica dengan Ludwig diketahui masyarakat setelah media mengungkap surat pengantar pernikahan Jessica-Ludwig.

Tidak sampai di situ, saat melahirkan pun, Jessica seperti tak mau diketahui media. Bintang film Dealova ini bahkan sampai mengasingkan diri dan melakukan persalinan di Amerika Serikat. Jessica diperkirakan melahirkan pada awal Agustus 2014. Kepastian Jessica melahirkan dibenarkan beberapa orang sahabat Jessica, salah seorangnya Julia Perez alias Jupe.

Namun berita yang menggemparkan datang ketika Ludwig melayangkan gugatan ke Pengadilan Negeri Jakarta Selatan pada 13 Oktober 2014. Ludwig mengajukan gugatan pembatalan pernikahan dengan Jessica. Menurut Ludwig yang diwakili pengacaranya, pernikahannya dengan Jessica tidak pernah ada dan dokumen pernikahan dari pihak Jessica palsu.

Sampai berita ini diunggah, kasus pernikahan Jessica dengan Ludwig masih berlangsung di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan dan Pengadilan Tinggi Tata Usaha Negara (PTUN) Jakarta.

4 dari 7 halaman

Marshanda, bercerai dengan Ben Kasyafani hingga lepas hijab


3. Marshanda, bercerai dengan Ben Kasyafani hingga lepas hijab

2014 bisa dibilang sebagai tahun Marshanda. Bagaimana tidak, di 2014 ini, Marshanda yang namanya mulai tenggelam kembali menjadi bahan pemberitaan dan buruan infotainmen.

Berita yang mengejutkan dari Marshanda muncul pada April 2014. Tepatnya pada 23 April 2014, Marshanda menggugat cerai Ben di Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Berita perceraian Marshanda-Ben pun cukup mengejutkan lantaran pasangan yang telah memiliki seorang putri bernama Sienna Ameerah Kasyafani ini diketahui memiliki rumah tangga yang harmonis.

Isu pun muncul terkait penyebab hancurnya rumah tangga yang dibina pada 2 April 2011 ini. Mulai dari adanya orang ketiga, hingga kabar karena masalah keyakinan. Marshanda sempat digosipkan dengan mantan gitaris Slank, Reynold.

Berita tentang Marshanda tidak berhenti sampai di situ. Pertengahan Juni 2014, Marshanda bikin berita tak kalah menghebohkan karena memutuskan lepas hijab.

Marshanda 'mengumumkan' lepas hijab pertamakali lewat Instagram. Lewat media sosial itu juga bintang sinetron Bidadari ini membeberkan alasannya mengapa memutuskan melepas hijab.

"I deserve a happy life. And this has finally become real...this day (aku layak hidup bahagia, dan ini akhirnya menjadi nyata..hari ini)," begitu Marshanda menyampaikan penjelasannya di Instagram.

5 dari 7 halaman

Perselingkuhan Farhat Abbas dan perselisihannya dengan Ahmad Dhani

4. Perselingkuhan Farhat Abbas dan perselisihannya dengan Ahmad Dhani

Fahat Abbas memang dikenal sebagai pengacara kotroversial. Di 2014 ini, banyak ulah Farhat yang bikin kita mengeryitkan dahi. Pertama, tentu saja perceraiannya dengan Nia Daniati. Farhat digugat cerai Nia pada 27 Januari 2014 di Pengadilan Agama Jakarta Selatan.

Yang mengejutkan, Nia Daniati sudah ditalak Farhat sejak 2006 dan sejak saat itu rumah tangga keduanya hanya sandiwara. Pada 12 Februari sidang cerai perdana Farhat-Nia digelar, dan pada 4 Juni 2014 Nia dan Farhat resmi bercerai.

Selama sidang, perceraian Farhat-Nia seperti cerita sinetron. Sebelum bercerai, Farhat Abbas sudah blak-blakan tengah menjalin asmara dengan kekasih baru, Regina Andriane Saputri. Lucunya, di tempat yang sama, Regina pun menggugat cerai suaminya, Ilal Ferhard, yang merupakan bekas sahabat dekat Farhat.

Selain kisah perceraiannya dengan Nia Daniati dan asmaranya dengan Regina, Farhat Abbas juga bikin berita seru karena kasusnya dengan Ahmad Dhani. Ahmad Dhani melaporkan Farhat Abbas ke Polda Metro Jaya pada Desember 2013. Dhani geram dengan cuitan Farhat di Twitter tentang putra bungsu Dhani, AQJ alias Dul karena kasus tabrakan.

Dhani melaporkan Farhat dengan Pasal 310, 311 KUHP dan atau Pasal 45 ayat 1 jo Pasal 27 ayat 3 UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) terkait dengan pencemaran nama baik.

Pada Februari 2014, Farhat dijadikan tersangka dan pengacara yang hobi nyanyi ini juga sempat ketakutan dengan mengajak berdamai dan meminta maaf kepada Dhani.

6 dari 7 halaman

Ahmad Dhani akhirnya mengakui sudah menikahi Mulan Jameela

5. Ahmad Dhani akhirnya mengakui sudah menikahi Mulan Jameela

Ahmad Dhani akhirnya mengakui pernikahannya dengan Mulan Jameela. Pengakuan Dhani ini sebenarnya tak mengejutkan lantaran setelah bercerai dari Maia Estianty pada 23 September 2008, Dhani santer digosipkan menjalin hubungan istimewa dengan atis binaannya sendiri, Mulan Jameela.

Namun pengakuan Dhani telah menjadi istri Mulan Jameela tetap saja menjadi berita besar. Pengakuan Dhani itu sendiri disampaikan melalui acara Satu Jam Lebih Dekat yang ditayangkan oleh TvOne pada pertengahan Januari 2014. Dhani mengakui, pernikahannya dengan Mulan terjadi ketika ketiga putranya, Al, El dan Dul dikhitan, atau tepatnya pada 15 Maret 2009.

Memang, saat Al, El dan Dul dikhitan, Dhani menggelar acara besar-besaran dengan melakukan konser artis-artis Republik Cinta Management (RCM) yang dibinanya yang digelar di depan kantor RCM di kawasan Pondok Indah, Jakarta Selatan.

Setelah pengakuan itu, Dhani dan Mulan sudah tak malu-malu memperkenalkan putri dari pernikahan mereka bernama Safeea.


7 dari 7 halaman

Asmirandah Pindah Keyakinan


6. Asmirandah pindah keyakinan

Pernikahan Asmirandah dengan Jonas Rivanno memang menyimpan misteri dari awal. Andah, begitu Asmirandah disapa, diketahui sudah menikah dengan Vanno, sapaan Jonas Rivanno pada 17 Oktober 2013. Sebelum menikah, Vanno menjadi mualaf sejak 22 Agustus 2013.

Pernikahan ini sempat dibantah baik oleh Andah mau pun Vanno. Namun keduanya akhirnya mengakui adanya pernikahan tersebut.

Namun yang mengejutkan, pada 7 November 2013, Andah melayangkan gugatan pembatalan pernikahan di Pengadilan Agama Depok, Jawa Barat. Pengadilan Agama Depok kemudian membatalkan pernikahan Andah-Vanno pada 18 Desember 2013. Belakangan diketahui, Andah meminta pembatalan nikah karena ia merasa berasalah atas pernikahannya.

Yang mengejutkan lagi, Andah dan Vanno mengaku sudah menikah lagi di luar negeri. Tepatnya pada 29 Januari 2014, Andah mengaku sudah menikah lagi dengan Vanno saat mengunjungi kantor Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Kedatangan Andah ke KPI lantaran wanita kelahiran 5 Oktober 1989 itu merasa keberatan karena infotainmen terus memberitakan dirinya yang dikabarkan berpindah keyakinan. Memang, sejak pertengahan Januari 2014, Andah kencang diberitakan berpindah keyakinan mengikuti keyakinan sang suami. Foto-foto Andah tengah melakukan ibadah di gereja ramai muncul di media sosial.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.