Sukses

4 Single Green Day ini Ternyata Mirip Lagu Era 70an

Siapa sangka, band setenar Green Day juga memiliki beberapa lagu yang mirip dengan karya band-band era 70an.

Liputan6.com, Los Angeles, Amerika Serikat Kemiripan sebuah  lagu memang selalu menjadi hal yang  kontroversial  di kalangan musisi maupun pendengar musik. Siapa sangka, band setenar Green Day juga memiliki beberapa lagu yang mirip dengan karya band-band era 70an. Penasaran? Simak contohnya seperti yang dituturkan diffuser.fm baru-baru ini:

Green Day - Warning

Seperti kita tahu, Warning merupakan salah satu single Green Day yang ngehits di tahun 2000. Selain merupakan suguhan pertama dari album keenam mereka, lagu yang bercerita soal kehidupan tanpa aturan tersebut juga menjadi begitu terkenal akibat melodinya yang unik.

Nah, tahukah anda, melodi yang diusung Green Day ternyata cukup mirip sama melodi Picture Book milik band The Kinks. Lagu tersebut sempat ngetop di tahun 1968.

Simak perbandingannya berikut ini:

Green Day - Warning

The Kinks - Picture Book

Selanjutnya >>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Green Day - Waiting

Green Day - Waiting

Nah, masih membahas album Warning, ada satu lagu lagi yang dianggap mirip dengan band era 70an, yakni lagu Waiting yang berkisah soal penantian panjang menuju kesuksesan.

Di lagu ini, bait pertamanya memiliki kemiripan dengan lagu Downtown milik Petula Clark yang dirilis pada 1964 silam. Yang unik, entah sadar atau tidak, baik Petula maupun Green Day pun sama-sama menggunakan kata 'Downtown' di lirik mereka.

Simak perbandingannya berikut ini:

Green Day - Waiting

Petula Clark - Downtown (simak bagian reff)

Selanjutnya >>

3 dari 4 halaman

Green Day - Jesus Suburbia

Green Day - Jesus Suburbia

Jesus Suburbia merupakan salah satu single Green Day yang terdapat di album American Idiot. Meski sukses saat diperdengarkan di radio dan televisi, lagu ini juga cukup banyak mengundang kritik karena nadanya yang dianggap mirip dengan lagu milik Bryan Adams yang bertajuk Summer of 69.

Jika tak percaya, coba simak nada di lirik City of the dead, At the end of another lost highway, serta Those were the best days of my life yang dinyanyikan dengan lantang oleh Bryan Adams.

Simak perbandingannya berikut ini:

Green Day - Jesus Suburbia

Bryan Adams - Summer of 69 (simak bagian reff)

Selanjutnya >>

4 dari 4 halaman

Green Day - 21 Guns

Green Day - 21 Guns

Dibanding tiga lagu di atas, single 21 Guns terbilang paling menarik karena memiliki kemiripan dengan dua lagu populer di era 70an yakni Telephone Line milik Electric Light Orchestra dan Heart of Gold milik Neil Young.

Hampir sama dengan tiga lagu di atas, kemiripan yang dimiliki oleh tiga lagu tersebut tergolong tinggi. Bahkan, meski komposisi musiknya sedikit berbeda, saat mendengarnya kita akan langsung teringat pada lagu Green Day tersebut.

Simak perbandingannya berikut ini:

Green Day - 21 Guns

Electric Light Orchestra - Telephone Line (simak bagian reff)

Neil Young - Heart of Gold (simak bagian reff)

 

Selanjutnya >>

(Feb/Rul)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini