Sukses

Kenapa Nadya Hutagalung Tak Mau Lakukan Ice Bucket Challenge?

Nadya Hutagalung menolak melakukan Ice Bucket Challenge. Ia meragukan efisiensi sumbangan yang diberikan.

Liputan6.com, Jakarta Selebriti dunia sedang gencar melakukan aksi Ice Buckets Challenge. Tak ketinggalan juga para artis dalam negeri yang beberapa sudah mulai menerima tantangan ini. Tetapi aktris dan aktivis yang satu ini tak mau ikut-ikutan melakukannya. Siapa dia? Dia adalah Nadya Hutagalung.

Mantan VJ MTV Asia yang sangat mempedulikan kelangsungan satwa gajah tersebut mengatakan dirinya tidak akan mengikuti Ice Bucket Challenge meskipun ditantang suatu saat nanti. Kenapa?

Seperti yang Nadya katakan di akun Twitter pribadinya, Minggu (31/8/2014), ketika seorang follower-nya memberi saran agar Nadya tidak ikut-ikutan beraksi siram diri dengan air es demi menggalang dana untuk ALS.

Wanita yang juga merupakan juri Asian Next Top Model tersebut berpendapat bahwa aksi yang maksudnya bertujuan sosial untuk menekan kematian atas Amyyotrophic Laterla Sclerosis (ALS)--sejenis penyakit yang menyerang kekebalan sistem syaraf diragukan efisiensinya.

Nadya berpendapat bahwa pendapatan dari hasil donasi yang didapat hanya 27 persennya digunakan untuk biaya penelitian. Lainnya digunakan untuk berbagai keperluan termasuk uang pensiun dan akomodasi pegawai organisasi penggalang dana. Padahal jika dimaksimalkan, semuanya akan berguna sebagaimana mestinya. Ia memberi tautan berita yang menyebutkan dana yang digalang dari Ice Bucket Challange sudah melampaui USD 125 juta atau setara Rp 1,4 triliun. 

Nadya juga menyayangkan hal tersebut dan mengandaikan jika uang sebanyak itu bisa didonasikan untuk keselamatan gajah. Pasalnya menurut pengamatan Nadya, masih banyak gajah ditelantarkan di belahan dunia ini. Gajah mati yang hanya diambil gading untuk keperluan sesaat manusia. 

Selain itu, alasan yang lain adalah adanya kekeringan di daerah lain. Jika di tempat ini, air banyak dan mudah diperoleh, ada baiknya tidak hanya dibuang untuk aksi seperti Ice Bucket Challenge. (Ppt/Ade)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini